Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Argentina Tantang Jerman di Final Piala Dunia 2014
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-07-2014 | 08:41 WIB
pd arg-bld getty bbc.jpg Honda-Batam
Ekspresi kemenangan pemain Argentina usai mengalahkan Belanda melalui adu penaliti. (Foto: getty/BBC)

BATAMTODAY.COM - Tim Argentina akan berhadapan dengan Jerman di final Piala Dunia 2014 setelah membungkam perlawanan Belanda melalui adu penalti dengan skor 4-2 dalam pertandingan yang digelar Kamis (10/7/2014) dini hari WIB.

Final antara Jerman dan Argentina merupakan ulangan di partai pemuncak Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia. Kala itu, Jerman yang masih bernama Jerman Barat unggul 1-0 lewat gol Andreas Brehme melalui titik putih.

Dalam pertandingan di Arena Corinthians, Sao Paulo, perebutan tiket ke final dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah kedua tim nasional tidak mampu menerobos pertahanan lawan.

Namun kedua tim secara gigih menjaga pertahanan dan melancarkan serangan secara agresif. Hingga perpanjangan waktu berakhir, belum ada gol satu pun hingga pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Gol pertama dibuat oleh kapten Argentina Lionel Messi dan disusul dengan gol Ezequiel Garay.

Arjen Robben mencetak gol pertama bagi Belanda setelah Ron Vlaar gagal dengan penalti pertama. Satu gol lainnya disumbangkan oleh Dirk Kuyt.

Dua gol lainnya bagi Argentina dicetak oleh Maxi Rodriguez dan Sergio Aguero.

"Nikmati lah momen ini, kami akan menikmatinya dan besok kami akan mulai bekerja untuk final," kata penjaga gawang Argentina Sergio Romero.

"Saya merasakan kebahagiaan luar biasa, saya benar-benar senang dengan semuanya. Penalti sifatnya keberuntungan, itulah kenyataannya."

Pemain belakang Belanda Ron Vlaar - yang gagal mencetak gol di penalti pertama mengatakan, "Saya tidak pernah berpaling dari tanggung jawab saya. Saya tidak gugup, saya fokus. Tetapi bola harus masuk, tetapi ternyata tidak."
 
Kepolisian Brasil mengerahkan sekitar 3.000 personel di dan sekitar Arena Corinthians. Seorang juru bicara mengatakan pengamanan diperketat karena pendukung Brasil dan pendukung Argentina telah lama bermusuhan.

Pendukung Brasil harus puas timnya akan memperebutkan tempat ketiga setelah ditaklukan Jerman di semifinal.

Sumber: BBC