Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Spekulan Akibatkan Solar Langka di Tanjungpinang
Oleh : Charles
Selasa | 31-05-2011 | 14:58 WIB
Kapolres_Tanjungpinang_AKBP.Suhendri.JPG Honda-Batam

Kaplres Tanjungpinang AKBP.Suhendri

Tanjungpinang, batamtoday- Kelangkaan solar hingga menyebabkan antrian panjang mobil di sejumlah SPBU di Tanjungpinang, ternyata tidak lepas dari peran dan permainan spekulan minyak solar. Hal itu dibenarkan kapolres Tanjungpinang AKBP.Suhendri ketika di Konfrimasi batamtoday di Tanjungpinang, Selasa, 30 Mei 2011.

"Berdasarkan rapat Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dengan pertamina dan Pengusaha SPBU kota Tanjungpinang yang kita lakukan baru-baru, Kuota kebutuhaan BBM, khususnya solar bagi Tanjungpinang sudah mencukupi bahkan melebihi kebutuhaan," ujar kapolres.

Dan berdasarkan pengecekan dan penyelidikan yang dilakukan Polisi, kelangkaan terjadi karena adanya permainan dari  spekulan BBM. Modusnya beragam, kata Suhendri, diantaranya dengan mendisain tangjki pelangsir BBM, sehingga tangki dapay\t memuat banyak, katanya.

"Saat ini modus kejahatan ini, sedang kita dalami, siapa yang menggerakan spekulan BBM, dan kemana di suplai dan dijual," ujarnya.

Dalam Rapat Forum Unsur Pimpinan Kepala daerah kemarin, tambah Suhendri, juga telah disepakati monitoring penggunaan BBM dengan menggunakan kartu fasilitas, untuk mengetahui penggunaan BBM pada masing-masing pengguna Mobil.

"Pemanfaatan kartu kendali penggunaan BBM ini, nantinya akan dilaksanakan dan dikendalikan oleh dinas Perhubungan, dan bagi pemilik mobil, yang tidak menggunakan Kartu kendali dalam pengisiaan BBM nantinya tidak akan dilayani di SPBU," ujarnya.

Selain itu, akan dilakukan pemantauaan dan pembatasan pada masing-masing pemilik truk, disamping dilakukan langkah-langkah penegakan hukum. tegas Suhendri