Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMAN 1 Batam Siapkan 1.500 Formulir Pendaftaran
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 26-06-2014 | 10:21 WIB
IMG-20140625-01841.jpg Honda-Batam
Kepala SMA Negeri 1 Batam, Chaidir. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA Negeri 1 Batam menyiapkan 1.500 lembar formulir pendaftaran untuk mengantisipasi membludaknya calon siswa yang mendaftar. Pihak sekolah memprediksi, pendaftar di sekolah itu mencapai ribuan orang.

"Dipredikasi ribuan calon siswa yang bakal mendaftar," kata Chaidir, Kepala SMAN 1 Batam, Kamis (26/6/2014).

Untuk mengantisipasi membludaknya pendaftaran, pihak sekolah telah menyiapkan empat operator sebagai panitia PPDB. Sementara, kuota siswa baru untuk salah satu sekolah unggulan di Batam ini hanya 8 kelas, masing-masing kelas berisi 32 orang.

"Jumlah tersebut di luar jumlah calon siswa yang berada di lingkungan sekolah," jelas Chaidir.

Pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kali ini seleksi penerimaan calon siswa baru tidak melalui tes, melainkan berdasarkan ranking nilai tertinggi.

Chaidir sendiri tidak akan terlibat dalam kepanitiaan PPDB di sekolahnya untuk menghindari adanya 'permintaan' dari pihak-pihak tertentu, termasuk isu suap. "Biarkan panitia yang mengelola untuk menghindari istilah sogok-menyogok, suap. Tapi kami tegaskan tidak ada sepersen pun yang kami terima dalam PPDB, semuanya gratis," tegasnya.

Sedangkan untuk siswa di lingkungan sekolah justru harus bertemu dengan kepala sekolah karena dilakukan pengecekan kartu keluarga. Bagi yang tidak mampu harus menyertakan surat keterangan tidak mampu

"Untuk anak guru SMAN 1 dipastikan bisa masuk karena tidak mungkin kalau ibunya ngajar di sini tapi anaknya tidak diterima di sekolah ini," sebut Chaidir.

Sementara, Kepala Bidang Program Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam dan juga sebagai penanggung jawab PPDB, Maryulis, membenarkan bahwa untuk calon siswa lingkungan sekolah memilik jatah 20 persen dari kuota penampungan di sekolah unggulan

"SMAN 1 kuotanya 205 dan untuk siswa di lingkungan sekolah sebanyak 41 orang," jelasnya.

Sesuai jadwal, PPDB sekolah-sekolah unggulan di Batam dimulai hari ini. (*)

Editor: Roelan