Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musik Bisa Bantu Pulihkan Ingatan
Oleh : Redaksi
Selasa | 24-06-2014 | 07:58 WIB

BATAMTODAY.COM - ELVIS Presley, ABBA, dan Spice Girls merupakan sebagian dari musisi yang karyanya digunakan dalam riset yang bertujuan untuk meneliti rahasia di ingatan manusia. Untuk riset itu, peneliti University of Amsterdam membuat permainan internet dengan tujuan mencari jawaban mengapa beberapa lagu tersangkut dalam ingatan manusia.

Pemain harus menebak potongan lagu dan membandingkannya dengan lagu lain. Tim berharap hasil temuan dari riset bisa membantu mengerti seluk beluk memori jangka panjang dan perawatan demensia.

Ashley Burgoyne dari University of Amserdam mengatakan, "Musik punya pengaruh kuat terhadap memori, jauh lebih kuat dibandingkan hal lain. Namun alasan dibalik hal itu masih belum jelas diketahui."

"Ada beberapa musik yang hanya kita simak beberapa kali tapi tersimpan di dalam memori, bahkan setelah 10 tahun kita masih bisa mengingatnya dengan baik," ungkap Burgoyne.

Dia berharap sebanyak 10.000 orang akan berpartisipasi dalam permainan internet tersebut. Menurutnya, temuan dari permainan itu bisa melengkapi bagian yang hilang. Permainan online bernama Hooked On Music tersebut diluncurkan di Museum of Science di Manchester, Inggris. (*)

Sumber: BBC