Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harley-Davidson Luncurkan Motor Elektrik Tanpa Suara
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-06-2014 | 11:10 WIB
electric_hd.jpg Honda-Batam
Sepeda motor elektrik besutan Harley-Davidson. (Foto: Harley-Davidson/BBC).

BATAMTODAY.COM - Produsen sepeda motor populer Harley-Davidson telah mengeluarkan produk terbaru, yaitu motor bertenaga listrik perdana.

Namun, sepeda motor ini tidak akan dijual umum, tetapi hanya akan ditawarkan kepada sejumlah konsumen di Amerika Serikat untuk dicoba dan dimintai komentarnya. Demikian dilaporkan BBC, Sabtu (21/6/2014).

Sepeda motor - yang dijuluki Proyek LiveWire - akan melakukan perjalanan ke jalan terkenal di AS, Rute 66, mengunjungi lebih dari 30 penjual Harley-Davidson mulai sekarang hingga akhir tahun.

Sejumlah penggemar bereaksi berbeda terhadap sepeda motor ini.

"Proyek LiveWire itu seperti gitar elektrik pertama - dan bukan (dianggap sebagai) mobil elektrik," kata Wakil Presiden Senior Harley-Davidson, Mark-Hans Richer.

"Ini adalah ekspresi individu dan gaya ikonik yang kebetulan saja elektrik. Proyek LiveWire adalah pernyataan yang berani bagi perusahaan dan merek ini."

Namun reaksi awal dari Klub Pengendara Harley-Davidson Inggris tampaknya cukup sinis.

Dave Scott mengatakan: "Sepertinya OK tetapi saya butuh mesin yang sebenarnya."

Anggota lain, bernama Dazzlin, bertanya seberapa aman kendaraan itu: "Untuk sebuah sepeda motor elektrik tampilannya cukup bagus, tetapi saya berpikir motor yang tidak mengeluarkan suara (seperti layaknya mobil elektrik) adalah sebuah resep bencana di jalan-jalan yang sibuk."

Dalam video yang dirilis oleh perusahaan sepeda motor tampak melintasi Rute 66 nyaris tanpa suara.

Sumber: BBC