Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Mantap Brata Jelang Pilpres

Polsek Batam Kota Amankan 9 Unit Motor Tak Berdokumen Lengkap
Oleh : Romi Chandra
Senin | 16-06-2014 | 17:35 WIB
Kapolsek_batam_kota_SZ.jpg Honda-Batam
Kapolsek Batam Kota, Komisaris Suherman Zein.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 9 unit sepeda motor kembali diamankan jajaran Polsek Batamkota dalam Operasi Mantap Brata (OMB) menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres), Sabtu (14/6/2014) malam.

Kapolsek Batam Kota, Komisaris Suherman Zein mengatakan, sepeda motor tersebut diamankan karena tidak memiliki dokumen kendaraan yang lengkap saat melintas di sekitaran kawasan Batam Center.

"Para penggunanya rata-rata masih remaja. Umurnya sekitar 14 tahunan semua. Setelah diamankan, mereka kita bina dan kemudian dipulangkan. Sementara kendaraannya tetap kita tahan," kata Suherman, Senin (16/6/2014).

Selain itu, saat ini belum dilakukan proses hukum seperti tilang, baru memberikan arahan kepada mereka yang motornya berhasil diamankan. "Motor yang ditahan, kita catat dulu nomor polisinya. Jika nanti saat razia terangkap kembali motor-motor yang sudah didata, tindakan hukum seperti tilang akan dikenakan," tegas Kapolsek.

Motor-motor yang diamankan tersebut jelas Kapolsek, bisa dibawa pulang oleh pemiliknya jika membawa dokumen-dokumen lengkap kendaraan. Selain itu, motor tidak bisa dibawa jika surat ada namun kedaraan tidak lengkap.

"Motor baru boleh dibawa jika sudah dilengkapi spionnya, sudah dipasang plat nomor dan lainnya. Tadi sudah ada yang menjemput kendaraannya, tapi kami suruh lengkapi dulu," pungkas Kapolsek.

Sementara titik kumpul para remaja yang sering membuat ulah tersebut berada di Engku Putri, Empang dan depan Vihara Sei Panas. "Itu untuk wilayah Batam Kota. Dan semenjak razia rutin kita lakukan, tidak ada lagi laporan kehilangan motor untuk Polsek Batam Kota," pungkas Suherman.

Editor: Dodo