Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komplotan Remaja Ini Cuma Bermodal Gunting untuk Mencuri Motor
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 13-06-2014 | 17:03 WIB
IMG_20140613_134808.jpg Honda-Batam
Komplotan remaja pelaku curanmor dan penadah saat diamankan bersama barang bukti di Mapolsek Batamkota. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi pencurian sepeda motor (curanmor) yang dilakukan komplotan remaja yang dibekuk jajaran Polsek Batamkota, ternyata tak butuh modal besar. Mereka cukup bermodalkan gunting sebagai pengganti kunci "T", plus keberanian, untuk membawa kabur motor curiannya.

Seperti penuturan Ad (17), salah satu remaja pelaku curanmor yang berhasil dibekuk. Dia mengaku telah menggondol empat motor, dua di antaranya "dilumpuhkan" dengan menggunakan gunting.

"Kalau motor gede sejenis 4 tak, tinggal gunting kabel ke kunci kontak dan disambungkan lagi. Tidak butuh waktu lama. Kalau motor matik atau motor benen (bebek, red) harus dipaksakan ke kunci kontaknya," ungkap Ad saat ekspos di Mapolresta Batamkota, Jumat (13/6/2014).

Ia mengaku, empat motor yang dicuri di kawasan Batam Center dan Tiban itu, selain menggunakan gunting, juga menggunakan kesempatan kalau pemilik motor lupa mengambil kunci saat diparkir. "Hasil curian dijual. Uangnya buat pribadi," kata Ad yang cuma tamatan SMP ini santai.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima remaja pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) dan tiga penadah berhasil diamankan jajaran Kepolisian Sektor Batamkota. Mirisnya, kelima maling sepeda motor ini masih berusia belia, yakni Ad (14), Nd (16), Rk (15), Fl (14), dan Bb (14).

Sementara tiga penadah tersebut masing-masing berinisial Rd (27), Fd (19) dan Sb (19). Selain itu 11 unit sepeda motor hasil colongan juga turut diamankan, tujuh unit masih utuh dan empat unit sudah dalam dipreteli. (*)

Editor: Roelan