Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Brasil Tundukkan Kroasia di Laga Pembuka Piala Dunia 2014
Oleh : Redaksi
Jum'at | 13-06-2014 | 09:49 WIB
PD_Bra-Cro_AFP.jpg Honda-Batam
Penalti Neymar ke gawang Kroasia. (Foto: AFP/BBC)

BATAMTODAY.COM - Tuan rumah Brasil mencatat kemenangan pertama dalam pertandingan pertama Piala Dunia melawan Kroasia dengan angka 3-1, Jumat (13/6/2014) pagi WIB.

BBC melaporkan, kedua tim bermain menyerang sejak awal dan Kroasia lebih dulu unggul di menit ke-10 lewat bunuh diri Marcelo yang menyentuh bola liar sehingga mengarah masuk ke gawang sendiri.

Kroasia menurunkan permainan cepat dengan mencoba menutup aliran bola para pemain Brasil yang tetap bermain tenang dan mendapat beberapa peluang.

Ketinggalan 0-1 sempat makin diperburuk dengan kartu kuning untuk Neymar pada menit ke-27 karena tangannya mengenai Luka Modric saat merebut bola sambil melompat.

Namun sekitar dua menit kemudian pemain Barcelona yang berusia 22 tahun itu melepas tembakan dari luar kotak penalti ke sudut gawang yang tidak bisa dijangkau kiper Stipe Pletikosa. Kedudukan 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Kroasia agak memperlambat permainan sementara Brasil terus berupaya menggempur pertahanan Kroasia.

Pada menit ke-72, pemain Brasil Fred terjatuh di kotak penalti saat bersentuhan keras dengan Dejan Lovren dan wasit Yuichi Nishimura menunjuk titik penalti, yang sempat diprotes keras para pemain Kroasia.

Neymar mengeksekusi dengan tendangan ke arah atas gawang dan sempat ditolak oleh kiper Pletikosa namun tetap masuk ke gawang.

Pemain belakang David Luiz mendapat peluang untuk menambah kemenangan dengan menyundul umpang lambung Oscar namun bola melejit ke atas gawang.

Krosia sempat menyarangkan gol ke gawang Brasil, yang dijaga Julio Cesar, namun wasit sudah lebih dulu meniup peluit karena Ivica Olic dianggap melakukan pelanggaran lebih dulu atas Cesar.

Satu menit sebelum pertandingan berakhir, Oscar melepas tembakan lembut dari luar kotak penalti ke sudut gawang dan menambah kemenangan menjadi 3-1 untuk Brasil.

Dalam Piala Dunia Brasil ini, untuk pertama kalinya pula wasit menggunakan cat penyemprot untuk memastikan menentukan garis guna memastikan tempat pemain berdiri dan tempat bola dalam tendangan bebas.

Sumber: BBC