Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Pendidikan Batam Siapkan 205 Operator untuk Kawal PPDB Online
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 04-06-2014 | 12:23 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Penerimaan siswa baru di Kota Batam diperkirakan membludak. Karena itu, sebanyak 205 operator penerimaan peserta didik baru (PPDB) online telah dilatih Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kabid Program Dinas Pendidikan Kota Batam, Maryulis, mengatakan, 205 operator tersebut terdiri dari 103 orang jenjang SD/MI, 66 orang jenjang SMP/MTs, 22 orang jenjang SMA/Ma, dan 14 orang untuk SMK.

"Kegiatan ini sudah tahun kelima sejak diselenggarakannya penerimaan PPDB online. Secara umum kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisien layanan publik serta mendukung transparansi dan kemudahan dalam proses seleksi PPDB nanti," ujar Maryulis di Hotel Vista, Selasa (3/6/2014).

Dia menjelaskan, melalui pelatihan ini para operator diharapkan memiliki wawasan tentang keutamaan teknologi, memahami prosedur operasional standar PPDB online, mampu menginstalasi data calon PPDB ke database sekaligus mengelola web, dan mampu menggunakan aplikasi PPDB online.

Dia meyakini, sistem PPDB online mampu memenuhi harapan masyarakat tentang implementasi sebuah sistem penerimaan siswa baru yang sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 karena PPDB dibangun untuk mendukung transparansi dan kemudahan dalam proses seleksi siswa baru yang dilakukan tanggal 1 - 4 Juli mendatang.

Maryulis menambahkan, PPDB tahun ini menggunakan sistem rayonisasi. "Untuk jenjang SD 30 rayon, jenjang SMP 12 rayon, dan jenjang SMA 5 rayon. Sedangkan sekolah berwawasan keunggulan tidak ada rayonisasi. Bagi calon perserta didik baru khususnya PPDB bisa mendaftar melalui web www.ppdbbatam.kemdikbud.co.id," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan