Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Kematian Maskurun Khofifah

A Lai Masih Berstatus Saksi
Oleh : Riky/TN
Jum'at | 27-05-2011 | 18:09 WIB

Natuna, batamtoday - A Lai (56), warga negara Singapura suami dari Maskurun Khofifa (36), wanita yang ditemukan tewas tergantung di rumahnya di Wisma Mira, jalan Datuk Kayah, Bunguran Timur, Natuna, Selasa malam, 24 Mei 2011 saat ini masih berstatus sebagai saksi.

"Status A Lai masih sebagai saksi, nanti kalau ada perkembangan akan saya kabari," kata, Kasat Reskrim Polres Natuna, AKP Ronald Simanjuntak melalui pesan singkatnya kepada batamtoday, Jumat, 27 Mei 2011.

Kepolisian Resor Natuna belum juga melakukan penahanan resmi terhadap A Lai apalagi menetapkan sebagai tersangka. Padahal sejumlah tanda mencurigakan ditemukan dalam kematian Maskurun diantaranya, luka lebam pada tubuh korban, lidah yang tidak terjulur dan tidak adanya kotoran yang keluar tubuh korban sebagaimana hal itu terjadi pada setiap korban gantung diri..

Fakta lain yang ditemukan di lokasi kejadian, pada saat mayat korban diturunkan, simpul tali longgar, dan untuk membuka tali dari leher korban sangat mudah, tidak dipotong tali, dapat dengan mudah dibuka, sehingga tidaklah mungkin korban bunuh diri.

""Saya lihat tali simpulnya longgar, tali tidak mengikat kuat di leher korban," kata Sugiat, paman Maskurun, ketika berada di rumah duka di Wisma Mira saat pemandian jenazah dilakukan warga sekitar, Rabu siang 25 Mei 2011.

Sugiat menambahkan, ketika dipanggil A Lai, suami korban untuk membantu menurunkan mayat ponakanya itu, melihat ada keganjilan dari simpul tali di leher korban yang longgar, sehingga dia menyimpulkan kalau korban tidak mungkin bunuh diri, tidak mungkin terjerat mati oleh tali simpul yang longgar seperti itu.

Senada dengan Sugiat, Ida tetangga korban, mengatakan pada tubuh korban terdapat luka lebam membiru berdasarkan pengakuan dari warga yang ikut dalam pemandian jenasah.

"Tubuh ibu Maskurun ada luka lebam membiru," kata Ida.

Namun demikian, sampai sejauh ini, nampaknya Polres Natuna masih terus mengumpulkan bukti untuk mengaitkan kematian Maskurun dengan A Lai.

Masyarakat sekitar Wisma Mira sendiri, rumah almarhumah, dalam investigasi batamtoday sudah menaruh curiga berat kalau Maskurun bukanlah mati bunuh diri. Mereka mengaitkan kematian Maskurun dengan A Lai, yang dikethaui mempunyai hubungan gelap dengan adik almarhumah, Siti Batitah. Dan kini Siti Batitah tengah hamil dengan usia kandungan 3 bulan.

Sebelum kematian korban, anak korban Ana (9) memergoki pertemgkaran diantara ayah dan ibunya.