Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penonton Piala Dunia 2014 Diprediksi akan Pecahkan Rekor
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-06-2014 | 13:36 WIB

BATAMTODAY.COM - FIFA untuk pertama kalinya akan menyiarkan pertandingan dengan kualitas ultra high definition.

FIFA memperkirakan jumlah penonton Piala Dunia 2014 melalui layar televisi akan memecahkan rekor, antara lain berkat penerapan teknologi baru dan penjadwalan pertandingan yang lebih rapi.

"Ada beberapa alasan yang membuat kami optimistis jumlah pemirsa akan naik," ujar Niclas Ericson, direktur televisi FIFA kepada kantor berita Reuters.

Ericson mengatakan penjadwalan turnamen yang lebih baik akan menguntungkan para pemirsa di kawasan Afrika, Timur Tengah, dan Eropa.

Karena turnamen kali ini digelar di Amerika, para penonton di benua ini juga diuntungkan, kata Niclas.

"Pasar Asia terus berkembang dari aspek jumlah penonton dan pemasukan dari hak siar televisi. Di atas kertas, semua faktor ini akan membuat jumlah penonton Piala Dunia akan mencapai rekor baru," kata Ericson.

Selain penjadwalan yang lebih baik FIFA juga memakai teknologi baru termasuk penyiaran pertandingan dengan kualitas gambar dan suara super tajam (ultra high definition) untuk pertama kalinya.

Ericson mengatakan pihaknya belum bisa memperkirakan jumlah penonton di seluruh dunia yang akan menyaksikan putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Data FIFA menunjukkan 3,2 miliar orang menyaksikan selama setidaknya satu menit Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Rata-rata satu pertandingan di Piala Dunia 2010 ditonton oleh 188,4 juta orang.

Sumber: BBC