Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Sepeda Motor 'Unik' Buatan Porsche
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-06-2014 | 11:30 WIB
porsche motor.jpg Honda-Batam
Motor 'unik' buatan Porsche. (Foto: Otosia.com).

BATAMTODAY.COM - Porsche memang membuat beragam hal selain kendaraan roda empat yang sporty. Berbagai desain dituangkan, mulai dari produk sepatu, furnitur, sampai sepeda motor unik yang lahir pada tahun 1978 dengan nama AMK, kependekan dari 'Alternatives Motorrad Konzept'.

Ide awalnya berangkat dari semangat yang muncul pada awal tumbuhnya era transportasi dengan kendaraan bermotor. Porsche AMK pun dimaksudkan sebagai kendaraan roda dua 'crossover' bagi para pemakai mobil.

Posisi duduk tegak dan penempatan kaca di depan membuatnya seakan sebuah 'mobil dalam wujud roda dua' yang memang dirancang bagi mereka yang terbiasa mengendarai mobil, tetapi takut untuk mengendarai sepeda motor.

Para desainer di Zell am See membuatnya berdasarkan konsep sepeda motor Yamaha SR 500 silinder tunggal. Area tertutup pada rodanya terlihat mendukung aspek aerodinamis sekaligus mengurangi dampak cipratan kotoran dari jalan. Kursinya pun terlihat ergonomis, dengan ketinggian yang dapat diatur terlihat memberikan posisi berkendara yang nyaman.

Namun, menurut mahasiswa teknik, desain unik itu justru gagal di beberapa aspek. Sepatbor, mesin, dan fairing mungkin akan goyah jika terhajar angin kencang yang datang dari samping. Terlebih lagi, jika ia digunakan di jalan tol. Ini berlaku di sejumlah negara yang memperbolehkan sepeda motor masuk di jalur bebas hambatan.

Walau tak jadi produk massal, bukan berarti 'karier' Porsche telah tamat di sepeda motor. Banyak yang belum tahu kalau produsen yang berkantor di Stuttgart, Jerman, ini mengembangkan mesin moge Harley-Davidson untuk tipe VR-1000.

Sumber: Otosia.com