Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

58 Siswa SMAN 1 Batam Lulus SNMPTN Tanpa Tes
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 31-05-2014 | 15:00 WIB
lolos snmptn.jpg Honda-Batam
Para guru dan siswa SMA Negeri 1 Batam yang lolos SNMPTN tanpa tes.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 58 siswa-siswi SMAN 1 Batam mendaftar program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014 lewat jalur undangan, berhasil diterima di sejumlah PTN favorit tanpa ikut tes dengan program studi yang berbeda-beda.

Untuk tahun ini siswa diterima di PTN lebih tinggi dibanding tahun lalu hanya 42 siswa SMAN 1 Batam, hal ini dikatakan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Batam Mohammad Chaidir melihat nilai UN yang diperoleh siswanya tahun ini cukup memuaskan.

"Lewat jalur undangan pada 2012 hanya 24 orang di 2013 42 siswa yang lulus sedangkan tahun ini jumlah tersebut meningkat menjadi 58 siswa," ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Batam Sabtu (31/5/2014).

Seperti diketahui dua siswa dari SMAN 1 Batam masuk dalam daftar 10 besar perolehan nilai UN tertinggi se-Kepri. Bahkan, SMAN 1 Batam merupakan satu-satunya sekolah negeri yang masuk 10 besar nilai tertinggi.

"Dari siswa kita ada Dylan yang mendapat nilai ke 4 tertinggi dan Yan Martha Putri di posisi 7 sementara itu untuk nilai Matematika dua siswa kita mendapatkan nilai 10," ujar Chaidir.

Chaidir mengaku kinerja dan sistem sokolah SMAN 1 menerapkan seleksi waktu PPDB cukup ketat dilakukan, maka segala program yang diterapkan guru berhasil mencapai prestasi hal ini membuat motivasi belajar siswa semakin terpacu.

Keberhasilan siswanya dalam meraih prestasi UN dan PTN jalur undangan, kata Chaidir merupakan prestasi yang harus dimaknai sebagai bentuk kepercayaan PTN yang ada di Indonesia akan daya saing serta proses pembelajaran diterapkan di SMAN 1 Batam maka dari itu untuk nilai rata-rata UN setiap tahun selalu ditingkatkan.

"Untuk meraih prestasi ini banyak usaha kita lalukan salah satunya melakukan studi banding siswa dan guru ke sekolah favorit di Jawa untuk dicontoh diterapkan dan di SMAN 1 Batam," ujarnya.

Sementara tiga siswa SMAN 1 Batam yang berhasil diterima masuk Institut Teknologi Bandung (ITB), yakni David Mickaelson, Ade Putri Siahaan, Fiha Ruzieqna dan Dylan. Mereka mengaku bangga seperti Dylan yang pada saat UN meraih nilai ke 4 terbesar se-Kepri.

"Cita-cita saya memang mau masuk ke ITB jadi melihat pengumuman saya lulus itu sangat membanggakan," ujar siswa berkacamata ini kepada wartawan.

Editor: Dodo