Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Atlet Pelajar Beprestasi di Tanjungpinang Diberi Bonus Bebas Pilih Sekolah
Oleh : Habibi
Jum'at | 30-05-2014 | 18:45 WIB
IMG-20140530-00654.jpg Honda-Batam
Sejumlah piala yang disumbangkan atlet pelajar dari Tanjungpinang. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Atlet pelajar Tanjungpinang berhasil memboyong empat piala dalam beragam pertandingan olahraga. Sebagai hadiah, mereka dibebaskan memilih sekolah untuk melanjutkan pendidikannya.

Keempat piala tersebut didapat atas prestasi para atlet yang menadi juara umum kedua pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) V Provinsi Kepulauan Riau yang digelar di Kabupaten Bintan, juara umum O2SN SLTP tingkat Provinsi Kepri, piala bergilir Danlatamal IV Cup II, serta juara pertama pada turnamen tenis lapangan di Kota Batam.

Penyerahan piala dilakukan di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang yang dihadiri Kepala Dispora Kota Tanjungpinang, Ahadi; Kepala Dinas KP2KE, Adnan, yang juga sebagai manajer atlet pada Pemko TPI Tennis Clup (PTC) dan Pemko TPI Badminton Club (PBC), serta sejumlah atlet dan pelatih bulutangkis dan tenis Kota Tanjungpinang.

Dalam Popda V Kepri yang lalu, Tanjungpinang berhasil meraih 24 emas, 17 perak, dan 16 perunggu. Sementara dalam O2SN SLTP se-Kepri, Tanjungpinang menyabet 18 emas, 11 perak dan 16 perunggu dan para siswa atlet bersiap untuk mengikuti O2SN tingkat nasional. Sedangkan piala bergilir Danlantamal Cup yang berhasil diraih merupakan yang kedua kalinya.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, yang menerima piala-piala tersebut berharap, tahun depan piala tersebut bisa dimiliki Kota Tanjungpinang sebagai piala tetap.

Sesuai dengan janji pemerintah, hadiah kepada para atlet yang berprestasi pada Popda V berupa kemudahan dalam memilih sekolah. Syahrul menegaskan, seperti tahun lalu sebanyak 20 persen kuota di setiap sekolah harus mendahulukan siswa kurang mampu dan siswa berprestasi di bidang olaharaga, seni, dan agama.

"Itu wajib, dan sampai sekarang belum ada laporan tentang adanya sekolah yang menolak. Dalam waktu dekat Pemko akan memanggil seluruh kepala sekolah untuk kembali menegaskan hal tersebut," jelas Syahrul.

Sedangkan untuk hadiah lainnya berupa uang pembinaan. Karena tidak dianggarkan di Dispora, maka PPTK harus menjemput bola dengan mengambil dana tersebut di pemerintah, kata Syahrul.

Kepala Dispora Kota Tanjungpinang, Ahadi, juga berharap olahraga di Tanjungpinang akan terus maju dan berkembang dengan adanya kerja sama yang sinergis antara semua pihak. Karena menurut dia, lima komponen yang bila berjalan dengan sinergis akan mampu meningkatkan prestasi olahraga di Kota Tanjungpinang. Lima komponen tersebut adalah atlet, pelatih, sarana dan prasarana, pendanaan, serta organisasi. (*)

Editor: Roelan