Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akses Internet Terbatas, Lingga Belum Bisa Terapkan Pendaftaran Siswa Secara Online
Oleh : Nurjali
Jum'at | 30-05-2014 | 09:31 WIB
ilutrasi_psb_online.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Daik - Keterbatasan akses internet di Kabupaten Lingga menyebabkan dinas pendidikan setempat belulm bisa menerapkan sistem pendaftaran online dalam penerimaan siswa baru di jenjang SD. Pendaftaran siswa baru terpaksa masih dilakukan secara manual.

"Kita belum bisa melakukan itu (pendaftaran siswa secara online, red) karena keterbatasan jaringan internet. Di sini hanya diperkotaan yang bagus jaringannya, kalau di wilayah pedesaan belum semuanya bisa," ujar Rahmat Surya, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga, Jumat (30/5/14).

Dia mengakui, program pendaftaran siswa SD secara online ini merupakan program nasional. Namun Kabupaten Lingga belum bisa melaksanakan karena keterbatasan akses internet.

Dia menyebut, dari 136 SD di Lingga hanya sekitar 30 persen yang memiliki akses internet dan perangkat komputer yang memadai. Karena itu dia berharap pemerintah daerah dan DPRD dapat mencari solusi untuk meningkatkan fasilitas jaringan internet hingga ke desa-desa.

"Saya kira ini penting karena ini juga salah satu faktor pendukung pendidikan kita," ujarnya. (*)

Editor: Roelan