Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerimaan Siswa Baru di Sekolah Unggulan Batam Mulai 26 Juni, Non-unggulan Mulai 1 Juli
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 29-05-2014 | 13:01 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam akan melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara serentak untuk seluruh sekolah non-unggulan jenjang SD hingga SLTA pada 1 - 4 Juli 2014. Sementara proses seleksi akan memakan waktu selama dua hari (4 - 5 Juli).

"Semuanya diserentakkan atau sama hari maupun tanggalnya. PPDB kali ini tetap menggunakan sistem online namun secara rayonisasi," ujar Rustam Efendi, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Batam, Kamis (29/5/2014).

Rustam mengatakan, pada tingkat SMP akan terbagi 11 rayon, sedangkan tingkat SMA ada 5 rayon. Sementara untuk SMK selain rayonisasi, siswa juga bisa mendaftar lebih dari satu jurusan pada saru sekolah.

Dia menegaskan, sistem rayonisasi hanya berlaku untuk sekolah non-unggulan, sementara sekolah unggulan tak mengenal sistem rayonisasi karena jumlahya hanya sedikit. Sekolah unggulan yang dimaksud adalah SMP Negeri 3, SMP Negeri 6, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMK Negeri 1.
Jadwal PPDB untuk sekolah unggulan sendiri dibuka lebih awal.

"PPDB untuk sekolah unggulan dibuka selama tiga hari mulai tanggal 26 sampai 28 Juni nanti. Sementara pengumuman diterima tidaknya di sekolah unggulan akan bisa diketahui pada tanggal 30 Juni," jelasnya.

Khusus untuk SMK, calon peserta didik baru diwajibkan mengikuti seleksi atau tes kejuruan yang dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Juli "Sedangkan untuk SMK Negeri 1 akan dilaksanakan seleksi tes kejuruan lebih awal yakni pada tanggal 26 sampai 28 Juni," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan