Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Delapan Raksasa Mobil Jepang Berkolaborasi Ciptakan Mesin Hemat Bahan Bakar
Oleh : Redaksi
Senin | 26-05-2014 | 15:46 WIB
AR-140519876.jpg&MaxW=622&cci_ts=20140519090314.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kolaborasi delapan raksasa mobil di Jepang. (foto: net)

BATAMTODAY.COM, Tokyo - Delapan raksasa mobil Jepang berkolaborasi dalam sebuah konsorsium untuk menciptakan mesin yang hemat bahan bakar. Kedelapan produsen mobil itu antara lain Toyota Motor Corp, Nissan Motor Co, Honda Motor Co, Mazda Motor Corp, Mitsubishi Motors Corp, Daihatsu Motor Co, Suzuki Motor Corp, dan Fuji Heavy Industries Ltd, pembuat Subaru, berencana menjadi pemimpin dunia dalam penerapan mesin yang hemat bahan bakar.

Seperti dikutip dari Automotive News, tujuan mereka adalah meningkatkan efisiensi bahan bakar mesin bensin dan diesel hingga 30 persen pada tahun 2020. Tak tanggung, pemerintah Jepang sendiri siap menyokong separuh dari biaya riset yang dibutuhkan hingga yang mencapai 1 miliar yen.

Riset tersebut akan dielola dalam sebuah wadah bernama Research Association of Automotive Internal Combustion Engines (AICE). Masing-masing anggota akan bersama-sama melakukan penelitian dasar pada mesin pembakaran internal yang lebih baik untuk berbagi biaya dalam iklim kompetitif yang semakin ketat.

Strategi ini diterapkan dengan pendekatan yang sama yang diambil oleh pesaing di Eropa, kata penyelenggara. Produsen mobil di Eropa bekerja sama dengan akademisi dan pemerintah sehingga bisa memangkas biaya produksi. (*)

Editor: Roelan