Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gagal di Liga Primer, Merk Manchester United Anjlok
Oleh : Redaksi
Senin | 26-05-2014 | 11:47 WIB
MU_kalah.jpg Honda-Batam
Pemain Manchester United meratapi kekalahan. (Foto:Istimewa).

BATAMTODAY.COM - Nilai merk Manchester United turun draktis akibat penampilan mereka yang mengecewakan di Liga Primer musim lalu, demikian studi konsultan Brand Finance.

Lembaga konsultan ini mengatakan, merk United saat ini bernilai $739m atau sekitar £439m, turun $98m dibanding tahun lalu.

Penurunan ini membuat posisi mereka berada di urutan tiga daftar merk paling berharga setelah Bayern Munich dan Real Madrid. Kemenangan Real Madrid di final Liga Champions telah mendongkrak nilai merk klub asal Spanyol itu.

Merk Real Madrid laris luar biasa di pasaran dibanding klub sepak bola profesional lainnya setelah kemenangan itu.

Para penulis mengatakan, pertumbuhan ekonomi Spanyol dapat membantu klub itu mempertahankan posisinya sebagai merk yang top. Dan, mereka menambahkan, kehadiran Ronaldo sebagai pesepakbola terbaik di dunia dan raihan gelar Liga Champions pertama mereka semenjak 2002, membuat "merk Real Madrid menjadi sangat solid."

Di final Liga Champions yang digelar di Lisbon, Real Madrid mampu mengalahkan tetangga mereka, Atletico Madrid, sekaligus mengantar mereka meraih tropi Liga Champions ke-10.

Penampilan gemilang Ronaldo juga mendongkrak nilai merk Real Madrid.

Meskipun penampilan Real Madrid luar biasa pada musim ini, belum mampu menggoyahkan posisi Bayern Munich yang disebut sebagai penyandang merk paling berharga di duniasepak bola untuk tahun kedua yang sedang berjalan, demikian laporan tersebut.

Para penulis itu merujuk pada kejayaan klub Bavaria itu yang telah memenangkan gelar Bundesliga di musim 2013-14.

Kebangkitan United?
Sementara, klub Inggris Manchester City, Arsenal, Chelsea dan Liverpool berurutan berada di urutan lima hingga delapan dalam daftar merk klub sepak bola yang yang paling berharga.

Manchester United berharap penunjukan Louis van Gaal sebagai pelatih akan mampu mengembalikan kejayaan mereka di dalam dan luar lapangan pada musim depan.

Kehadiran Louis van Gaal sebagai manajer baru MU diharapkan mendongkrak nilai merk MU.

Laporan Brand Finance mengatakan, kehadiran Louis van Gaal yang telah ditunjuk sebagai manajer klub itu, akan mengatrol merk Manchester United dari kerusakan yang lebih serius.

Sampai akhir Maret 2014 lalu, Manchester United mengaku meraup keuntungan sebesar £ 11m, naik dari £ 3.6m dibanding tahun yang lalu.

Lembaga konsultan Brand Finance mendefinisikan nilai merk sebagai biaya pihak lain yang harus membayar untuk lisensi penggunaan merk terseebut.

Sumber: BBC