Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tundukkan Malaysia, Jepang Rebut Piala Thomas
Oleh : Redaksi
Senin | 26-05-2014 | 09:06 WIB
japs_selebration_thomas_bbc.jpg Honda-Batam
Tim Piala Thomas Jepang bersuka cita setelah tundukkan tim Malaysia di babak final.

BATAMTODAY.COM - Jepang untuk pertama kalinya merebut Piala Thomas setelah mengalahkan Malaysia 3-2 melalui pertandingan yang menegangkan di New Delhi, India, hari Minggu (25/5/2014).

Pemain bulutangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, merebut poin pertama bagi Malaysia dengan mengalahkan Kenichi Tago 21-12 dan 21-16, tapi partai puncak ini harus dilanjutkan hingga ke pertandingan kelima setelah kedua tim imbang 2-2 hingga pertandingan keempat.

Di pertandingan penentuan, pemain tunggal Jepang, Takuma Ueda, berhasil mengatasi pemain Malaysia, Daren Liew, 21-12, 18-21 dan 21-17, sekaligus memastikan kemenangan tim Jepang di ajang turnamen beregu untuk putra ini.

"Saya merasa tertekan sebelum pertandingan tapi ... saya ingin sekali menang. Saya belum pernah merasakan pengalaman seperti ini sebelumnya," ungkap Ueda kepada para wartawan.

Sebelum tampil di final, tim Jepang berhasil menyingkirkan tim favorit Cina di babak semifinal, sementara Malaysia mengalahkan Indonesia.

Pelatih Jepang asal Korea Selatan, Park Joo Bong, mengatakan hasil gemilang ini diharapkan bisa menaikkan popularitas cabang olahraga bulutangkis di Jepang.

"Saya tak bisa merebut Piala Thomas ketika masih menjadi pemain, jadi saya tentu puas bisa meraihnya dalam kapasitas sebagai pelatih," ujar Park seperti dikutip kantor berita Reuters.

"Saya berharap bulutangkis akan makin populer di Jepang," katanya.

Sumber: BBC