Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bikin Macet, Dishub Batam Diminta Tertibkan Parkir Taksi dan Angkot di Simpang Panbil
Oleh : Gokli Nainggolan
Sabtu | 24-05-2014 | 15:44 WIB
IMG_20140524_152145.jpg Honda-Batam
Sejumlah angkutan umum yang parkir di dekat lampu lalu lintas di Simpang Panbil. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Belasan angkutan kota (angkot) dan taksi yang parkir di Simpang Panbil, Mukakuning, Batam, sering dikeluhkan pengguna jalan karena diduga sering menyebabkan kemacetan di sekitar situ. Tak jarang angkutan umum dan taksi itu parkir sembarangam di dekat lampu lalu lintas.

Suara hingar-bingar klakson kendaraan kerap dibunyikan oleh para pengandara yang terhalang, namun sering tak digubris sopir angkutan umum maupun taksi itu.

"Ini kan jalan umum, bukan tempat parkir. Tapi kenapa dibiarkan membuat kemacetan? Dishub Batam jangan tutup mata, dong. Tertibkan nih parkir liar," kata Weli, pengendara Toyota Avanza warna putih di tengah-tegah kemacetan itu, Sabtu (24/5/2014) sore.

Pantauan di lokasi, kemacetan akibat adanya parkir sembarangan itu terjadi hampir tiap hari sekitar pukul 15.00 - 19.00 WIB dan kerap membuat pengendara lain emosi. Selain membunyikan klakson, pengendara itu juga kerap melontarkan teguran.

"Woii! Ini bukan jalan nenekmu. Geser dulu, biar bisa lewat," teriak salah seorang sopir truk sambil membunyikan klakson kuat-kuat.

Ruas jalan sebelum traffic light Simpang Panbil dari arah Simpang Dam, Mukakuning menuju Simpang Kabil itu dijadikan sebagai "terminal" untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Hanya saja proses menunggu penumpang itu berlangsung lama, sehingga menimbulkan kemacetan. (*)

Editor: Roelan