Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Tak Perduli Himbauan Larangan Buang Sampah

Ironis, Sampah Berserakan di Tiban Kampung
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 25-05-2011 | 10:55 WIB
sampah.JPG Honda-Batam

Sampah Disimpang Tiban Kampung Berserakan. Plank bertuliskan larangan buang sampah diabaikan

Batam, batamtoday - Kesadaran warga mengatasi permasalahan sampah cukup rendah, masih banyak yang membuang sampah sembarangan. Di simpang Tiban Kampung, Batam, Rabu, 25 Mei 2011 terlihat sampah berserakan, padahal telah terdapat plang yang berisi himbauan agar tidak membuang sampah di tempat itu.

Tumpukan sampah warga disimpang Tiban Kampung sangat merusak pemandangan, areal yang berada di jalan protokol tersebut telah terpasang plank "Dilarang Buang Sampah Ditempat Ini" terkesan kumuh kumuh dan menimbulkan bau tidak sedap. Tanpa rasa bersalah, warga dengan seenaknya membuang sampah ditempat itu. Bahkan ada pakaian bekas yang sengaja disangkutkan untuk menutupi tulisan larangan.

Wawan, salah satu warga yang memiliki usaha bengkel dekat tumpukan sampah tersebut mengatakan sangat terganggu dengan kondisi tersebut. Dia sangat menyesalkan rendahnya kesadaran warga yang tidak mau membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

"Ini jalan protokol, tempat sampah sudah disediakan tidak jauh dari sini. Ini masalah kesadaran, bisa tega liat sampah menumpuk. Yang buang sampah tidak hanya warga dekat sini, tapi dari rumah yang diujung-ujung sana juga buang kesini" keluh Wawan.

Aparat desa setempat sudah sering mengingatkan kepada warganya untuk tidak membuang sampah disana. Tidak pernah digubris, tetap saja sembarangan membung sampah.

"Ini sudah gak wajar. Maunya ada aparat Satpol yang berjaga-jaga disini, kalau ada yang ketahuan buang sampah langsung dikasi sanksi tegas biar jera," katanya.