Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angka Kriminalitas Tinggi di Dabo, Siskamling Bakal Kembali Diaktifkan
Oleh : CR-8
Selasa | 06-05-2014 | 16:09 WIB
pos-kamling.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Poskamling.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Semakin tingginya tingkat kejahatan di wilayah Dabo Singkep membuat Kapolsek Dabo bersama dengan lurah membuat surat edaran kepada RT dan RW untuk kembali mengaktifkan Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayah masing-masing, Selasa (6/5/2014).

Kapolsek Dabo AKP Syafrudin Anwar membenarkan hal tersebut, bahwa kelurahan dabo telah memfasilitasi pertemuan dengan RW dan RT untuk kembali mengaktifkan siskamling. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah kriminalitas di wilayah Dabo khususnya dan Singkep umumnya.

Dari data Kepolisian Singkep untuk tahun 2013 yang lalu, laporan yang masuk ke polsek dabo sebanyak 60 kasus dan tahun ini baru memasuki pertengahan tahun sudah mendapat 19 laporan tindak kriminal, yang sebagian besar kejadiannya di Dabo.

"Tingkat kriminalitas di Dabo ini sangat tinggi, tahun kemarin (2013) ada 60 kasus yang dilaporkan, dan tahun ini per April 2014 sudah ada 19 kasus yang dilaporkan," ungkap Syafrudin.

Menanggapi hal tersebut Lurah Dabo Singkep Agustiar mengatakan pihaknya telah memfasilitasi pertemuan dengan Camat, Kapolsek dan seluruh RT dan RW beberapa waktu yang lalu. Sekarang ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan tersebut, yaitu menyurati RT dan RW untuk mengaktifkan kembali siskamling.

"Kemarin kita adakan pertemuan, karena dari polsek mengatakan tingkat kriminalitas di Dabo dan Singkep umumnya sangat tinggi," kata Agustiar.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Lurah Dabo akan mengajukan pembangunan Poskamling di setiap RW, dan bagi yang sudah memiliki akan dilakukan rehab. Mengenai anggaran untuk pembangunan poskamling dan rehab ini akan diajukan ke Dinas PU atau Satpol PP Kabupaten Lingga, karena kedua dinas ini memiliki kewenangan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

"Nanti poskamling yang sudah ada kita rehab, yang belum akan kita buat. Anggarannya dari Dinas PU atau Satpol PP karena mereka yang memiliki wewenang mengadakan kegiatan ini," ungkap Agustiar.

Untuk pengaktifan Siskamling tersebut akan segera dilaksanakan pada bulan ini juga, mengingat sebentar lagi kita juga akan melaksanakan Pilpres pada bulan Juli mendatang.

Editor: Dodo