Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Spesialis Pencongkel Jok Motor Dibekuk Polisi
Oleh : Agus Haryanto
Selasa | 06-05-2014 | 13:47 WIB
IMG04746-20140206-1427.jpg Honda-Batam
Empat kawanan pencuri spesialis pencongkel jok motor saat diamankan di Mapolsek Tanjungpinang Kota. (Foto: Agus Haryanto/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Empat pelaku pencurian berhasil diringkus jajaran Polsek Tanjungpinang Kota. Keempat pelaku ini melakukan aksinya dengan modus mencongkel jok sepeda motor yang sedang diparkir.

"Empat pelaku kita tangkap di kawasan Tepi Laut seperti Ocean Corner dan Anjung Cahaya," kata Kapolsek Tanjungpinang Kota, AKP Wahyu Endajaya, Selasa (6/5/2014).

Wahyu menuturkan, keempat pelaku masing-masing Ya (20), DE (23), AA (22) dan RI (25), merupakan pengangguran. Keempatnya berhasil dibekuk dalam kurun waktu sepekan.

Wahyu menambahkan, saat ditangkap keempatnya sedang beraksi berusaha mencongkel sejumlah sepeda motor matik yang ditinggal pemiliknya dan mengambil barang yang disimpan di bawah jok. Kendaraan "favorit" yang mereka incar memang dari jenis matik karena kunci joknya paling mudah diakali.

"Barang bukti yang kita amankan di antaranya uang, ponsel, dompet, dan lainnya," terang Wahyu.

"Para pelaku kita jerat dengan pasal 362 tentang pencurian dengan ancaman 3 sampai 7 tahun penjara," imbuh Wahyu.

Mencermati modus yang digunakan empat pengangguran ini, Wahyu mengimbau kepada warga, terutama kaum perempuan, agar tidak meletakkan barang-barang berharga di bawah jok motor matik yang sangat mudah untuk dibuka tanpa kunci. (*)

Editor: Roelan