Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Hanya di Karnaval, Ratusan Siswi TK dan PAUD di Batuaji Bangga Berbusana Adat dan Profesi
Oleh : Gokli
Sabtu | 03-05-2014 | 17:45 WIB
karnaval_batuaji.jpg Honda-Batam
Karnaval siswa-siswi TK/PAUD di Batuaji.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan anak didik tingkat PAUD/TK formal dan non formal se-Kecamatan Batuaji, Batam mengelar karnaval dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasinal (Hardiknas) ke-55, Sabtu (3/5/2014) sore.

Ratusan anak-anak itu mengikuti Karnaval dengan beragam busana seperti pakaian Adat suku-suku yang ada di Indonesia dan juga pakaian profesi seperti Polri, TNI, dokter, suster, dan juga artis.Mereka terlihat bangga menggunakan busana itu, meski hanya sebatas dalam karnaval saja.

Pengawas dari Dinas Pendidikan (Disdik) Batam untuk sekolah PAUD/TK, Rinda Kusumayanti, mengatakan acara karnaval itu dalam rangka memperingati Hadiknas ke-55 yang jatuh pada 2 Mei 2014, kemarin. Peserta terdiri dari 70 sekolah PAUD/TK se-Kecamatan Batuaji.

"Acara Karnaval ini dalam rangka memperingati Hardiknas dan merupakan agenda tahunan, yang akan dilanjut sampai ke tingkat Kota," kata dia, usai melepas pawai Karnaval bersama Camat Batuaji, Rinaldi M. Pane di Mitra Mall, Batuaji.

Busana adat dan profesi yang digunakan para peserta Karnaval, kata wanita yang akrab disapa Bunda itu merupakan kesepakatan bersama antara guru-guru PAUD/TK se-Kecamatan Batuaji. Busana itu pun sengaja dipilih guna menanamkan pemahaman dan rasa cinta anak terhadap ragam budaya Indonesia sejak dini.

"Busana profesi kita ikutkan untuk memberi motivasi terhadap anak," ujar dia.

Tak hanya itu, usai melakukan karnaval, acara memperingati Hardiknas ke-55 itu juga dilanjut dengan membagi-bagikan hadiah, untuk beragam kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Dimana, karnaval ini merupakan acara puncak yang dilakukan secara serentak di Kecamatan Batuaji.

"Setelah ini akan dilanjut untuk tingkat kota, yang akan diadakan di Kepri Mall pada 13-14 Mei 2014," katanya.

Tak hanya pawai, lanjut Bunda pihaknya juga akan membagi-bagikan hadiah bagi peserta pemenang lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Selain hadiah untuk anak-anak, guru juga akan mendapat hadiah khusus untuk yang rajin, favorit dan yang paling disenangi anak-anak.

Editor: Dodo