Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Naskah UN SMP Sederajat Telah Didistribusikan ke Polsek di Batam
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 03-05-2014 | 16:43 WIB
soal un smp.jpg Honda-Batam
Soal UN SMP yang tiba di Batam dengan pengawalan polisi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP sederajat yang akan diujikan pada Senin (5/5/2014) mendatang, sudah didistribusikan ke setiap polsek yang ada di Batam hari ini, Sabtu (3/5/2014) untuk pengamanan guna menghindari terjadinya kebocoran soal.

Soal UN tersebut sampai di Batam yang dibawa dari Tanjungpinang pagi tadi melewati Pelabuhan Telaga Punggur dan dibawa ke Dinas Pendidikan. Setelah itu baru didistribusikan ke setiap polsek yang dikawal aparat kepolisian Polresta Barelang.

Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol Irawan Banuaji kepada wartawan mengatakan, untuk pengawaalan soal UN dari Punggur ke Disdik dikawal 10 personil dari Polresta Barelang.

Setelah sampai di Disdik, kata Irawan, akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu. "Pengecekan di Disdik dilakukan oleh panitia penyelenggara UN didampingi Disadik. Kemudian naskah teraebut didistribusikan ke seluruh polsek sesuai dengan kebutuhan. Personil dari masing-masing Polsek langsung menjemput soal ke sini," kata Irawan, Sabtu (3/5/2014).

Selanjutnya, naskah UN tersebut pada hari H akan dijemput masing-masing sekolah ke polsek di wilayah mereka pagi sebelum pelaksaan. Penjemputan soal nantinya dilakukan pihak penyelenggara UN didampingi pengawas UN.

"Naskah UN disimpan di setiap polsek agar tidak bocor dan tidak hilang. Pihak penyelenggara bersama pengawas UN nantinya yang langsung menjemput soal dan dikawal aparat kepolisian," jelas Irawan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho saat dihubungi mengimbau para siswa yang akan mengikuti UN agar bisa tenang serta tidak mengikuti isu-isu yang beredar.

"Siswa tidak perlu mengikuti isu yang mengatakan atau memberikan kunci jawaban. Tetap tenang dan terus belajar serta fokus menghadapi UN," imbau Udin.

Editor: Dodo