Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Ribu Soal UN Tiba di Batam Hari Ini
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 03-05-2014 | 10:34 WIB
ndi_Agung_Disdik_Batam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Andi Agung, Ketua Panitia Pelaksana UN Batam yang juga Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sepuluh ribu soal dan lembar jawaban ujian nasional (UN) SMP/MTs sudah tiba di Pelabuhan Punggur, Batam, Sabtu (3/5/2014) sekitar pukul 10.00 WIB. Soal itu didistribusikan dari Tanjungpinang melalui kapal roro.

"Soal sudah sampai di Punggur. Sekarang masih bongkar muat," ujar Andi Agung, ketua panitia pelaksanaan UN Kota Batam, kepada BATAMTODAY.COM.

Andi mengatakan, setelah soal UN serta lembar jawaban sudah tiba di gedung  Gurindam, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh kepala sekolah untuk memilih lembar soal dan lembar jawaban masing-masing. Setelah dipilih, pihaknya juga sudah berkordinasi dengan seluruh Mapolsek masing-masing wilayah sekolah karena nantinya lembar soal dan lembar jawaban akan disimpan di kantor polisi terdekat dengan sekolah.

"Seperti UN tingkat SMA tidak ada keributan, hanya saja sekolah Hang Tuah Bengkong salah ambil soal saja. Namun tindakan itu langsung ditukar dengan soal yang diujikan," katanya.

Pelaksanaan UN SMP/MTs akan dilaksanakan selama empat hari mulai 5 Mei 2014. UN SMP/MTs tahun ini ini diikuti 127 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 10.598.

"Peserta siswa SMP negeri sebanyak 7.162 orang, swasta 2.695 orang. Sedangkan MTs negeri 339 siswa, MTs swasta 400 siswa. Sementara SLB sebanyak 2 siswa," jelasnya.

Empat hari pelaksanaan UN SMP sederajat untuk hari pertama siswa akan mengerjakan soal Bahasa Indonesia, hari kedua soal Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan terahir IPS. Pelaksanaan UN dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB

Namun demikian kata Andi Agung untuk paket B juga dilaksanakan dihari yang sama hanya saja pelaksanaanya setelah jam makan siang dengan jumlah 19 PKBM jumlah siswa 498 orang.

"Untuk paket B hanya berlangsung selama tiga hari. Hari pertama yang diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKN, selanjutnya Matematika dan IPS hari ketiga Bahasa Inggris dan IPA," kata Andi.

Dia menambahakan, pelaksanaan UN SMP/MTs ini nantinya tidak adanya pengawas dari perguruan tinggi. Dalam satu ruang hanya ada dua pengawas yaitu satu pengawas silang, dan satu orang dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kepri.

"Dalam satu ruang hanya ada dua orang pengawas dengan 20 siswa dengan 5 paket soal," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan