Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Kualitas SDM, Disnaker Batam Dukung Serikat Buruh Bentuk Workshop
Oleh : Hadli
Kamis | 01-05-2014 | 14:52 WIB
Zarefriadi_Kadisnaker.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam Zarefriadi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam Zarefriadi mendukung seluruh serikat pekerja di Batam memperjuangkan kesejahteraan buruh, dengan cara membangun workshop trainning guna meningkatkan kualitas pekerja agar dapat diterima oleh perusahaan melalui keterampilan yang dipelajari semasa  pelatihan.

"Saya mendorong serikat yang ada untuk melakukan workshop atau trainning bagi anggotanya agar bisa bersaing dipasar bebas," ujar Zaref di sela-sela kegiatan pesta buruh Citramas Grup di Kawasan Industri Estate (KIE) Kabil dalam rangka memperingati May Day, Kamis (1/5/2014) pagi.

Pengusaha, juga didorong untuk berkompetisi dengan merekrut tenaga kerja yang berkualitas sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada buruh sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan RI.

Nara Dewa, HRD Citramas menyampaikan peran Citramas tidak hanya sekedar mengajak perusahaan untuk bergabung. Namun juga sebagai pengelola Citramas memberikan pemahaman kepada pengusaha untuk memperhatikan kesejahteraan buruh yang merata.

"Seperti peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu di KIE. Setelah kami pelajari, ada timpang dalam memberikan kesejahtraan buruh yang tak merata. Setelah kami berikan pengerian akhirnya perusahaan mengikuti, sehingga konflik antara buruh dengan manajemen tidak berkepanjangan," tuturnya.

Para pengusaha, menurutnya harus memahami kondisi buruh. Tidak hanya fokus kepada omset, namun juga kondisi buruh harus dipahami. Nilai kekeluargaan tambahnya tidak akan bisa dibandingkan dengan apapun.

"Kami ikut memahami apa yang dirasakan oleh pekerja, dengan itu kami menggelar pesta buruh di May Day agar investor dan pekerja dapat berbaur bersama," ujarnya kembali.

Editor: Dodo