Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Sekupang Siagakan Dua Personel di Setiap Persimpangan

Ribuan Buruh di Batam Dipastikan Turun ke Jalan Besok
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 30-04-2014 | 14:43 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh di Kota Batam diperkirakan akan turun ke jalan saat hari libur May Day pada 1 Mei besok. Aksi itu akan dipusatkan di depan kantor Wali Kota Batam.

Ribuan buruh yang akan menggelar konvoi dari masing-masing perusahan itu akan mendapat pengawalan ketat oleh aparat kepolisian. Seperti halnya Polsek Sekupang, akan menyiagakan dua personel polisi di setiap simpang sebagai antisipasi tindakan anarkis yang dilakukan buruh saat melakukan konvoi di jalan.

"Informasinya, buruh dari Tanjunguncang, Batuaji, akan konvoi menuju Sekupang dan berkumpul di Tanjungharapan," ujar Kapolsek Sekupang, Kompol Rubertus Herry, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (30/4/2014).

Selain menempatkan dua anggota polisi di setiap persimpangan di daerah Sekupang, Rubertus juga mengaku akan menyiapkan pengamanan berjalan.

"Meski besok anak sekolah libur tetap kita menjaga suasana agar kondusif dan pengamanan di perketat saat buruh turun ke jalan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Zarefiadi, mengaku belum mendapatkan informasi jika buruh akan turun ke jalan. Namun dia mengimbau kepada seluruh buruh agar menikmati perjuangan yang selama ini telah dicapai.

"Saya berharap buruh dapat memperingati May Day dengan melakukan aksi damai, seperti bakti sosial dan sebagainya. Jangan sampai merusak fasilitas umum saat turun ke jalan," imbau dia.

Selain itu, buruh juga diminta menjaga hubungan yang baik dengan pengusaha, pemerintah, dan warga di sekitar kawasan industri. "Jangan melakukan tindakan anarkis saat turun ke jalan. Buruh harus menciptakan suasana kondusif," harap dia. (*)

Editor: Roelan