Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yayasan Citramas Gelar Pemeriksaan Kesehatan Balita Gratis
Oleh : Hadli
Sabtu | 26-04-2014 | 14:10 WIB
photo_2(3).JPG Honda-Batam
Salah seorang balita sedang diperiksa. (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Yayasan Citra Mas Batam menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan balita gratis, Sabtu (26/4/2014). Kegiatan yang digelar di Rusun Hawa Jamsostek, Kabil, itu merupakan agenda tahun dengan mendatangkan puluhan dokter, perawat, bahkan profesor kesehatan dari Rumah Sakit Rafles, Singapura.

Selain itu dokter dan perawat dari Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) turut dilibatkan.

"Sama dengan tahun sebelumnya, bakti sosial yang di selenggarakan Yayasan Citramas khusus untuk balita. Tapi kita (dokter, red) tidak bisa menolak jika ada orang dewasa yang mengeluhkan penyakitnya," kata Dindin Hardiono, Direktur Utama RSBK yang juga ketua tim kedokteran bakti sosial tersebut.

Dalam bakti sosial tersebut, terdapat pemeriksaan anak pada gigi, mata, kulit, inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan gangguan percernaan. "Namun, mempelajari bakti sosial tahun sebelumnya, yang terbanyak anak mengalami ISPA dan gangguan pencernaan," katanya kembali.

Tidak hanya pemeriksaan secara gratis, berbagai obat juga diberikan melalui klinik dadakan tersebut.

"Kalau ada masalah pasien yang tidak bisa selesaikan di sini, langung kita keluarkan rujukan. Kita bawa ke rumah sakit (RSBK) untuk menjalani perobatan. Biaya kita bebaskan. Seperti satu orang anak balita yang saat ini terkena ISPA yang harus dirawat," kata Dindin.

Sementara itu, Naradewa, pengurus Yayasan Citramas mengatakan, yayasan itu merupakan bentukan dari Citramas Group yang terdiri dari 30 perusahaan besar yang berada di Kecamatan Nongsa, Batam.

"Jadi untuk sifat kemasyarakatan, Citramas Group membentuk yayasan, yang bernama Yayasan Citramas. Di lingkungan rusun ini ada tiga gedung yang dikelola Yayasan Citramas, di antaranya Gedung Graha Citramas yang digunakan saat ini untuk bakti sosial, Masjid Besar Citramas dan Stadion Citra Mas yang terdapat lapangan sepakbola dan track untuk lari," katanya. (*)

Editor: Roelan