Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toyota Aygo Diklaim Lebih Hemat Dibanding Agya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 26-04-2014 | 11:53 WIB
toyota aygo.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Toyota Aygo. (Foto: Otosia.com)

BATAMTODAY.COM - Generasi ke-2 Aygo baru saja diperkenalkan kepada publik dunia dengan tampilannya yang sangat impressif. Selain model fisiknya nan anggun, varian ini pun juga mendapatkan dapur pacu tiga silinder terbaru yang disebut-sebut bakal lebih hemat bahan bakar.

Menurut perhitungan Toyota Jepang, seperti warta yang disampaikan oleh carscoops, pekan ini, Aygo akan ditanamkan jantung pacu paling anyar besutan Toyota berkapasitas 1.0 liter 3 silinder dengan konsumsi bahan bakar hanya 68.8 mpg untuk versi UK. Atau sama dengan 24,3 km/l untuk versi US.

Jika dibandingkan dengan mobil murah Agya, secara perbandingan kasar, LCGC Indonesia itu ternyata lebih banyak menyedot bahan bakar jika dibandingkan citycar Aygo.

Mesin yang dipakai Agya adalah dapur pacu 1.0 liter DOHC fuel injection dengan gelontoran tenaga lebih kecil hanya 65 Hp, jika dibandingkan dengan Aygo yang mencapai 68 hp. Akan tetapi konsumsi bahan bakarnya, menembus angka 20km/l yang berarti Agya meminum bahan bakar lebih banyak dari Aygo.

Perbandingan ini memang hanya komparasi sederhana soal dua varian dari segmen citycar tersebut. Mengingat pasar Agya yang ada di Indonesia dan Aygo untuk pasar Eropa, tentunya banyak faktor yang perlu ditelaah lebih dalam tidak hanya dari sektor permesinan saja. Lebih lagi Aygo menggunakan mesin berteknologi terbaru dan bukan termasuk mobil murah yang tentu saja lebih hebat dibanding Agya.

Sumber: Otosia.com