Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan PSK Bukit Senyum Antusias Ikuti Sosialisasi Penggunaan Kondom
Oleh : Agus Haryanto
Kamis | 24-04-2014 | 12:55 WIB
kondom-pisang.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Puluhan pekerja seks komersial (PSK) di lokalisasi Bukit Senyum Tanjunguban, Kabupaten Bintan antusias mengikuti sosialisasi penggunaan kondom yang digelar Yayasan Bentan Serumpun di kawasan lokalisasi tersebut, Kamis (24/4/2014).

Menurut Ketua Yayasan Bentan Serumpun Budi Harsono kegiatan ini rutin dilakukan yayasan untuk memberi pemahaman kepada PSK tentang pentingnya menggunakan kondom saat berhubungan intim. Selain itu pula mencegah penularan penyakit HIV/AIDS yang akhir-akhir ini kian menunjukkan peningkatan jumlahnya.

"Sehingga butuh pemahaman dan sosialisasi rutin. Untuk sosialisasi ini, kami bekerjasama dinas terkait dari Provinsi Kepri maupun kota/kabupaten," kata Budi.

Sementara itu, dari puluhan PSK yang hadir hampir rata-rata mengakui sudah paham dengan sosialisasi yang dilakukan pihak yayasan. Namun, yang membuat mereka tak mengerti yakni banyak pria hidung belang yang enggan menggunakan kondom saat 'bertempur'.

"Banyak langganan kita, yang menolak jika mengunakan kondom dengan alasan tak enak, licin dan lainnya. Tapi ada pula langganan yang mau menggunakan kondom saat berhubungan dengan alasan keamanan," ujar salah satu PSK.

Meski demikian, dirinya tetap tak lelah untuk terus mengingatkan para pria hidung belang untuk menggunakan kondom.

"Saya juga sering menolak pelanggan yang tak mau menggunakan kondom," kata perempuan ini.

Editor: Dodo