Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Brad Pitt Akan Buat Film Tentang Perang Afghanistan
Oleh : Redaksi
Rabu | 16-04-2014 | 09:20 WIB
BradPitt-360.jpg Honda-Batam
Brad Pitt. (Foto: Rolling Stone).

BATAMTODAY.COM - Brad Pitt akan memproduksi sekaligus membintangi sosok Jenderal Stanley McChrystal dalam sebuah film adaptasi dari buku yang ditulis oleh mendiang jurnalis Michael Hastings bertajuk The Operators: The Wild and Terrifying Inside Story of America's War in Afghanistan. Menurut The Hollywood Reporter, posisi sutradara dipastikan berada di tangan David Michod.

Buku yang diterbitkan pada tahun 2012 itu sesungguhnya merupakan pengembangan dan paparan lebih luas dari sebuah artikel kontroversial berjudul The Runaway General yang ditulis Hastings untuk majalah Rolling Stone.

Menguak sikap bengal dan antipati dari Jenderal McChrystal dalam operasi militer Amerika Serikat pada perang Afghanistan, artikel itu diganjar sebuah penghargaan bergengsi di ranah jurnalisme Negeri Paman Sam, George Polk Award.

Proses peliputan untuk artikel tersebut memaksa Hastings berkeliling Eropa dan Afghanistan bersama Jenderal McChrystal selama satu bulan pada 2010. Disanalah kemudian ia berjumpa dengan keseharian McChrystal dan anak buahnya yang gemar menggunjing dan memperolok pemerintah Amerika, terutama mengenai tindak penanganan dalam perang berlabel anti-teroris itu.

Tentu saja pemerintah Amerika Serikat segera naik pitam usai artikel The Runaway General itu terbit. Presiden Obama pun bergegas menarik kembali McChrystal ke Washington D.C., dimana sang jenderal sendiri lalu memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

"Sikap dan kepemimpinan yang ia representasikan dalam artikel itu tak memenuhi standar yang seharusnya dilakoni oleh seorang jenderal," terang Obama saat mengumumkan mundurnya McChrystal.

Perusahaan perfilman Pitt, Plan B, akan memproduksi film tersebut bersama New Regency dan RatPac Entertainment. Kolaborasi antara Plan B dan New Regency sebelumnya telah terbukti ampuh ketika menggarap 12 Years a Slave yang sukses menyabet gelar Oscar dalam kategori Film Terbaik

Sumber: Rolling Stone