Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

16 TKI Bermasalah Dideportasi dari Malaysia
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-04-2014 | 16:23 WIB
tki deportasi dinsos.jpg Honda-Batam
Para TKI bermasalah yang dideportasi dari Malaysia ditampung di shelter Dinsos Batam sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.

BATAMTODAY.COM, Batam - Malaysia kembali memulangkan 16 orang tenaga kerja Indonesia yang tidak memiliki dokumen lengkap. Namun pemulangan TKI kali ini berbeda dengan biasanya karena tidak adanya bayi yang dipulangkan, Senin (14/4/2014)

"Kali ini tidak ada seorang bayi, 16 orang yang dipulangkan berjenis kelamin perempuan. Rata-rata meraka yang dipulangkan tidak memiliki dokumen sehingga dipulangkan ke Indonesia, melalui Batam," ujar Febriana, Pendamping Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam.

Febriana mengatakan rata-rata mereka yang dipulangkan berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa, mereka tidak hanya memiliki dokumen, tetapi beberapa TKI sering mendapat perlakuan kasar dan tidak dibayarkan gajinya sebelum meminta pertolongan ke Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia.

"Sebelum dideportasi melalui Batam mereka ditampung dulu di Konjen ada yang tiga minggu hingga dua bulan di Konjen sebelum dipulangkan," katanya.

Ia menambahkan saat ini seluruh TKI ditampung di Rumah Singgah Dinas Sosial Batam, Sekupang, untuk menunggu jadwal pemulangan ke daerah asal menggunakan KM Kelud.

"Rencananya Rabu (16/4/2014) mereka akan dipulangkan menuju Jakarta dengan KM Kelud sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah masing-masing," katanya.

Editor: Dodo