Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nikahi Wanita Lain Secara Siri

Oknum Anggota DPRD Anambas Digrebek Isteri dan Warga
Oleh : Charles / Dodo
Kamis | 19-05-2011 | 18:31 WIB

Tanjungpinang, batamtoday - Nikah siri secara diam-diam, Roki H Sinaga (42) oknum anggota DPRD Kabupaten Anambas digerebek isteri bersama sejumlah warga di rumah istri sirinya di perumahan Sukamaju RT 05 RW 03 Gang Mandala No 21 Kelurahan Batu 9 Tanjungpinang Timur,sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu 18 Mei 2011.

Sarita (41) istri sah Roki yang turut serta pada penggrebekan itu, kepada wartawan mengatakan sebelumnya dirinya telah curiga terhadap suaminya tersebut, karena sejak Agustus 2010 lalu, suaminya itu jarang pulang ke rumahnya di Perumahan Mahkota Alam Permai, Batu 10 Tanjungpinang.

"Sebelumnya tiap seminggu pulang, tapi sejak bulan Agustus 2010 lalu, tak pernah pulang," kata Sarita.

Curiga atas sikap suaminya, akhirnya Sarita mencoba melacak suaminya kemana pergi, dengan dibantu sejumlah teman-temanya pelacakan yang dilakukannya membuahkan hasil.

"Saya diminta mencari mobil yang sering digunakan suami saya, dan akhirnya dapat, jadi saya mengikuti mobilnya itu sampai ke sebuah rumah di Sukamaju RT 05 RW 03 Gang Mandala No 21 ini," jelas Sarita.

Saat pengmudi dari mobil tersebut turun, benar saja, yang turun itu adalah Roki, suami-nya sendiri. Masih kurang yakin dengan penglihatanya, Sarita kembali menyelidiki, rumah siapa yang disinggahi oleh suaminya itu. Hingga dirinya mendapat kepastian kalau rumah tersebut, adalah milik salah seorang perempuan yang dikabarkan telah dinikahi secara siri oleh Roki.

Mendengar cerita itu, Sarita semakin bingung hingga akhirnya dia mendapat ide dengan melaporkan temuannya pada ketua RT/RW setempat.

Dengan mendatangi RT dan RW di Sukamaju, Sarita meminta bantuan untuk melakukan penggerebekan untuk menangkap basah suaminya. Tetapai RT setempat menolak, dan menyarankan, kalau pihak RT dan RW akan mempertanyakan terlebih dahulu status Roki bersama wanita yang berada di rumah tersebut.

Hingga akhirnya, Rabu,18 Mei 2011 sekitar pukul 21.00 WIB, Sarita, bersama Ketua RT Kasturi, ditemani sejumlah warga lainya, mendatangi rumah milik Roki, Sayangnya, kedatangan RT dan warga ini terendus Roki, hingga politisi dari Partai PDK ini langsung membawa kabur wanita yang dinikahi secara siri itu meninggalkan rumah dengan menggunakan mobil.

Tak berapa lama, Roki kembali seorang diri, melihat sejumlah orang dan isterinya berada di lokasi rumahnya, Roki dan Sarita sempat adu mulut. Hingga akhirnya, Roki mengakui kalu dirinya telah menikah wanita yang satu rumah dengannya.

"Itu isteri saya, dan sudah nikahi dia, yapi saya tidak mau memperlihatkan surat nikah saya kepada anda (istri-red)," ujar Roki pada Sarita.

"Saya hanya mau perlihatkan surat nikah saya pada bapak (ketua RT-red) di sini," hardik Roki lagi.

Kasturi, ketua RT mengatakan kalau surat yang ditunjukan Roki adalah surat keterangan bahwa, didirnya telah menikah secara siri dengan Suryati Asti Lestari, wanita yang satu rumah denganya. Kasturi menyarankan,agar Sarita menyelesaikan permasalahaan rumah tangganya secara baik-baik.

"Secara legalitas, benar dia sudah menikah siri, dan nikah siri, sah di mata agama, tapi kalau pihak istri hendak menuntut suaminya, dan melaporkan ke polisi, itu sudah di luar wewenang kami," papar Kasturi ketua RT di perumahan Sukamaju.

Mendengar penjelasan itu, Sarita mengatakan akan mengajukan gugatan cerai pada suaminya. Sarita juga mengaku kalau suaminya tidak pernah meminta izin untuk menikah siri pada dirinya.
 
"Saya akan langsung ke Pengadilan Agama, untuk menggugat cerai," kata Sarita dengan nada tinggi.

Sementara anggota DPRD Anambas Roki,saat berusaha dikonfirmasi wartawan enggan memberikan jawaban dan selalu menghindar.