Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kecamatan Tanjungpinang Timur Paling Rawan Penyebaran DBD
Oleh : Agus Haryanto
Sabtu | 29-03-2014 | 12:23 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kecamatan Tanjungpinang Timur di Tanjungpinang, dalam dua tahun terakhir, tercatat rawan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) dibanding tiga kecamatan lainnya.

"Kita melihat, dari empat kecamatan di Tanjungpinang, yang rawan penyebaran DBD adalah di Kecamatan Tanjungpinang Timur," ujar Rustam, Kepala Dinas Kesehatan kota Tanjungpinang.

Sementara, dua kelurahaan yang paling rawan dan jumlah pasien DBD yang mendominasi tahun 2014 ini di antaranya Kelurahaan Pinang Kencana dan Kelurahaan Batu Sembilan.

Pada 2013 lalu, Dinas Kesehatan mencatat ada 168 kasus DBD di Tanjungpinang. Sementara pada triwulan pertama 2014, ada 6 kasus di bulan Januari, Febuari 19 kasus, dan Maret sampai saat ini ada 8 kasus DBD. Sebagian besar kasus itu didominasi di Kelurahan Pinang Kencana karena jumlah penduduknya terbanyak serta berbatasan dengan Kabupaten Bintan.

"Bulan ini kasus DBD sudah menurun. Kita berharap jumlahnya tidak akan naik lagi jadi kita dapat menekan angka BDB di tahun 2014 ini," terangnya.

Ditambahkanya, gerakan serentak basmi nyamuk dilakukan terus-menerus di tiap bulanya oleh Dinas Kesehatan, LSM, dan didukung warga Tanjungpinang untuk secara bersama melakukan gerakan "3M", yakni membersihkan/menguras, menutup genangan air, dan menimbun barang bekas. (*)

Editor: Roelan