Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengangguran Kepri Capai 130 Ribu Orang
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 18-05-2011 | 13:50 WIB

Batam, batamtoday - Angka pengangguran di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) hingga catur wulan pertama tahun 2011 mencapai 130 ribu orang dari total 1.689.000 jumlah penduduknya. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepri, Tagor Napitupulu kepada wartawan di Harmoni One, Rabu, 18 Mei 2011.

Berdasarkan data yang dicatat pihak Disnaker Kepri, tingginya angka pengangguran ini banyak dipengaruhi banyaknya migrasi yang masuk ke Kepri, baik itu dari daerah Sumatera, Jawa dan beberapa daerah lainnya.

"Setiap tahun terjadi peningkatan jumlah penduduk di Kepri, dan secara otomatis angka pengangguran juga meningkat," kata Tagor.

Meningkatkatnya arus migrasi ini, lanjut Tagor, terjadi pada momen-momen besar pada tiap tahunnya, seperti usai libur Lebaran dan Natal serta Tahun Baru.

"Pada momen-momen tersebut, tingkat pengangguran otomatis bertambah dengan banyak masuknya penduduk yang masuk ke Kepri," terangnya.

Tercatat sebanyak 6.000 perusahaan dan Industri yang ada di Provinsi Kepri, sebagian besarnya terdapat di Batam sedangkan tersebar di Bintan, Karimun dan Tanjung Pinang.

"Di Batam ada 4.000 ribu perusahaan," lanjut Togar.

Dari 6.000 perusahaan itu, tercatat lebih kurang 680 ribu lebih tenaga kerja yang ada di Kepri yang sudah bekerja. Hampir keseluruhannya tercatat dalam usia produktif untuk bekerja.