Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Primier Inggris

Dua Gol Tevez, Antar City Geser Arsenal
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 18-05-2011 | 08:32 WIB

Batam, batamtoday - Dua gol yang disarangkan sang skipper, Carlos Tevez membawa kemenangan bagi Manchester City atas tim tamu Stoke City dengan skor 3-0 dalam lanjutan Liga Primier Inggris di Stadion City of Manchester, Rabu, 18 Mei 2011. Sebuah gol lainnya dicetak pemain bertahan, Joleon Lescott.

Perolehan sempurna di laga jamuannya ini membuat Manchester City menggeser Arsenal di peringkat ketiga dengan mengoleksi 68 angka dari 37 pertandingan dan hanya terpaut satu dari Arsenal. Sedangkan skuad asuhan Tony Pulis, kekalahan ini sekaligus menggagalkan upaya mereka untuk menuntaskan dendam saat takluk dari City di final Piala FA pada akhir pekan kemarin.

Tuan rumah langsung menggebrak pertahanan lawan sejak peluit babak pertama ditiupkan wasit dan menguasai jalannya permainan. Cityy mengawali gol terlebih dulu di menit 14. Berawal dari serangan yang digalang oleh David Silva, kerjasama apik antara James Milner dengan Carlos Tevez berakhir dengan aksi individu sang kapten sebelum menghujamkan tendangan ke pojok kiri atas gawang Thomas Sorensen. Skor 1-0 untuk keunggulan City.

Memasuki setengah jam pertama City kembali menekan jantung pertahanan Stoke. Penguasaan bola yang dimenangkan oleh Yaya Toure diarahkan ke Milner dan bola sodorannya gagal diselesaikan dengan baik oleh Tevez, setelah tendangan kaki luarnya masih dapat diamankan Sorensen.

Usai jeda, City langsung menguasai kendali serangan dan di menit 53 skuad asuhan Roberto Mancini itu mengamankan keadaan setelah tandukan Joleon Lescott hasil umpan bola mati David Silva mampu mengalahkan Sorensen dalam perebutan bola udara.

Meski sudah mengantongi keunggulan dua gol, Mancini sepertinya masih belum puas dan ia pun memasukkan Edin Dzeko serta menarik gelandang serang David Silva.

Dzeko memperoleh peluang matang tidak lama kemudian, saat ia menerima umpan sodoran Tevez namun sayang tendangan datarnya masih dapat diselamatkan oleh Sorensen walau sudah berhadapan satu lawan satu. Sorensen dibuat tidak berdaya di menit ke-65, saat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan sang kapten, Carlos Tevez, beberapa meter dari luar kotak penalti mengarah deras ke pojok kanan atas. Skor 3-0 bertahan sampai peluit akhir dibunyikan wasit L Probert.

Susunan pemain:

Man.City: Hart, Richards, Kompany, Lescott, Zabaleta, Milner, De Jong, Silva (Dzeko 56'), Y Toure, Johnson (Wright-Phillips 67'), Tevez (Boyata 88').

Stoke: Sorensen, Wilkinson, Collins, Shawcross, Wilson, Pugh, Diao, Whelan, Whitehead, Walters, Carew (Delap 72')