Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

42 Sekolah di Batam Lulus 100 Persen

Muslim Bidin : Kegagalan Adalah Sukses Tertunda
Oleh : Roni Ginting
Senin | 16-05-2011 | 14:24 WIB

Batam, batamtoday - Angka kelususan siswa SMA/SMK di Batam mencapai 98,08 persen. Dari 5.556 siswa yang mengikuti Ujian Nasional hanya 50 siswa yang tidak lulus. Diharapkan bagi siswa yang tidak lulus agar bersabar karena kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin, ada 42 Sekolah yang lulus seratus persen, 26 sekolah SMA sudah termasuk 4 Madrasah Aliyah. Untuk SMK ada 16 Sekolah yang lulus 100 persen.

"Kelulusan di Batam peringkat ketiga setelah Kabupaten Bintan dan Karimun," katanya.

Dari jumlah tersebut, Muslim menambahkan dari semua sekolah tidak ada angka ketidaklulusan yang menonjol. Rata-rata hanya dua sampai tiga siswa tidak lulus dari masing-masing sekolah.

Bagi siswa yang tidak lulus, harus mengulang satu tahun atau mengambil ujian paket C, tidak ada ujian susulan lagi. Dihimbau kepada siswa dan orang tua agar bisa menerima hasil ujian tersebut.

"Kegagalan merupakan sukses yang tertunda, harapan harus evaluasi diri dan belajar lebih giat lagi," ungkapnya.

Kepada siswa yang lulus diharapkan agar tidak merayakannya dengan hura-hura dijalanan dan coret-coret baju. Pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Mending pakaian itu disumbangkan kepada orang yang kurang mampu.