Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Microsoft Razia, Toko PC dan Laptop Nagoya Hill Tutup
Oleh : Sumantri/TN
Senin | 16-05-2011 | 14:04 WIB
toko.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tampak salah satu toko Komputer yang segera tutup begitu sang pemilik toko mendengar akan ada razia oleh pihak Microsoft Indonesia di Nagoya Hill hari ini, Senin 16 Mei 2011. (Foto: Sumantri. (Foto: Sumantri).

Batam, batamtoday - Toko PC dan Laptop di Pusat Perdagangan Nagoya Hill tiba-tiba saja tutup semua, karena tersiar kabar pihak Microsoft Indonesia akan melakukan razia pada hari ini, Senin, 16 Mei 2011, sekitar pukul 14.00 WIB.

Para calon pembeli, menjadi bingung, melihat lantai satu Nagoya Hill yang biasanya marak dengan pajangan PC dan Laptop dari berbagai merek, dan juga menjual berbagai software dan perangkat komputer lainya, kini tampak sepi dan semua toko komputer dalam keadan tutup.

"Ya, kami tutup dululah, mas, karena mau ada razia dari Microsoft Indonesia," ujar Lia, seorang pengelola grei komputer di Nagoya Hill kepada batamtoday, Senin 16 Mei 2011.

Kata Lia, pihak Microsoft Indonesia sebenarnya sudah melakukan razia sejak kemarin di Lucky Plaza, di kawasan Nagoya, dan dari sebuah toko di Lucky Plaza Microsoft Indonesia berhasil menangkap sejumlah produk Windows bajakan.

"Ada satu toko tertangkap menjual produk Windows bajakan,  nama tokonya Hi-Tech, di lantai satu Lucky Plaza," kata Lia.

Karena tidak mau ambil resiko, Lia, meminta para pemilik toko untuk sementara tutup. Lia mengatakan, cukup ngeri dengan ancaman hukuman atas delik pembajakan, mulai dari penyitaan, denda yang dapat mencapai Rp250 juta bagi pedagaang eceran, hingga hukuman penjara.

"Hukumanya berat, lho, mas," ujarnya.