Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Konsep Hazumi, Generasi Model Mazda Subkompak Masa Depan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-03-2014 | 10:42 WIB
mazda_hazumi_concept.jpg Honda-Batam
Foto: autoevolution.com

BATAMTODAY.COM - Pengembangan model terbaru Mazda kini selalu fokus pada empat aspek utama generasi terbarunya: yakni 'Kodo' - soul of motion design, skyactiv technology, Mazda proactive safety, dan sistem terbaru konektivitas kabin Mazda yang disebut MZD Connect.


Mobil konsep Mazda Hazumi yang meluncur pada pameran Geneva International Motor Show (GIMS) 2014 telah mengusung keempat elemen tersebut dan menjadi 'role-model' generasi subkompak (hatchback) Mazda di masa depan.

Selain Mazda Hazumi, Mazda Motor Corporation dalam pameran GIMS ini juga menghadirkan model generasi baru Mazda yang sudah mengusung Kodo Design, yakni  Mazda CX-5, Mazda6, dan Mazda3. Desain Kodo sendiri dimaknai dengan ekspresi kehidupan yang ditandai dalam gerakan dinamis. Dalam Mazda Hazumi, esensi Kodo disajikan dalam porsi dimensi yang kompak dengan guratan garis bodi yang tegas.

Mazda Hazumi dilengkapi mesin diesel bersih terbaru skyactiv-D 1.5-liter yang menjanjikan penghematan bahan bakar luar biasa tanpa mengorbankan performa, serta ramah lingkungan. Selain meningkatkan basis keselamatan seperti posisi dan bidang pandang mengemudi, Hazumi mengadopsi fitur keamanan i-activesense. 

Sementara itu fitur MZD Connect menawarkan "fun to drive" yang menyenangkan dan kenyamanan konektivitas smartphone dalam format yang aman dan sesuai di kabin kendaraan.

Mazda Hazumi menunjukkan jalan bagi generasi berikutnya subkompak Mazda. Kalau dilihat dari modelnya, Hazumi merupakan model terbaru dari Mazda2, sebuah subkompak dari Mazda yang cukup laris di pasar hatchback Tanah Air.

Menurut Ryo Yanagisawa, Chief Designer Mazda Hazumi, nama konsep Hazumi sangat cocok untuk tampilan mobil yang dibuatnya berikut target pasarnya. Hazumi merupakan kosa kata bahasa Jepang, berarti  "bound" atau lompatan. 

Hal ini mengekspresikan gerakan hewan liar yang ramping namun kuat, dan penuh energi. "Kata hazumi juga menjelaskan potensi pembeli segmen-B yang akan menjadi konsumen Hazumi nantinya, yakni muda, dinamis, bersemangat, dan ambisius," jelas Yanagisawa.

Hazumi merupakan contoh lain potensi Kodo yang luas dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai produk Mazda berbeda ukuran. "Dari model lama seperti Shinari, kami ambil garis bodi dari depan ke belakang sebagai ekspresi Kodo. Dengan Hazumi, kami ciptakan bentuk gerakan lebih eksplosif," imbuh Yanagisawa. 

"Konsep desainnya seperti binatang siap menerkam, dalam hal ini Cheetah. Setiap ototnya terlihat tegang karena mengumpulkan energi untuk mengejar. Meskipun posturnya kecil, Kodo memberi pesan kehadirannya  tidak terabaikan, serta memiliki kenikmatan berkendara optimal," kata Yanagisawa. (*)

Sumber: auticarindonesia.com