Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satukan Prsepsi dan Program, Disdik Karimun Gelar Rakor dan Evaluasi
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 08-03-2014 | 07:38 WIB
rakor_disdik.jpg Honda-Batam
Rakor dan evaluasi Dinas Pendidikan Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karimun menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi pada 7 - 9 Maret 2014 di Gedung Nasional Karimun.

Rakor dan evaluasi tersebut guna menyatukan persepsi dan kesamaan pandangan terhadap perencanaan pembangunan pendidikan seluruh jenjang pendidikan serta mengavaluasi kinerja Disdik Kabupaten Karimun.

Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq, dalam sambutannya mengatakan, sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan, untuk mengahapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, maupun global. Untuk itu perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah serta berkesinambungan.

"Perencanaan pembangunan pendidikan diharapkan mampu menghasilkan rencana pembangunan tahunan sebagai bagian dari rencana jangka menengah dan jangka panjang yang sinergi antara pusat maupun daerah," tegasnya.

Melalui rakor dan evaluasi ini, wabup mengharapkan terjalinnya koordinasi dan sinkornisasi antara Disdik Karimun dengan UPTD pendidikan, satuan pendidikan serta stakeholder dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

Sementara Kepala Disdik Karimun, Sudarmadi, mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatannya itu untuk menyusun rencana kerja berupa program dan kegiatan pembangunan pendidikan yang diusulkan pembiayaannya dalam APBD Kabupaten Karimun maupun Provinsi Kepri dan APBN tahun anggaran 2014, melakukan evaluasi terhadap pembangunan pendidikan, menyusun informasi dan masukan dalam membuat penerapan kebijakan.

"Melalui rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi Disdik Kabupaten Karimun, kita implementasikan kurikulum 2013, dengan meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan serta kualitas data pokok pendidik (DAPODIK)," ujarnya.

Narasumber yang dihadirkan dalam rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi pendidikan dengan stakeholder bidang PAUDNI, Dikdas dan Dikmen tahun 2014 ini, berasal dari Pusat Data Statistik Pendidikan Kemendikbud RI, L Manik Mustikohendro, TjCipto Sumadi (ketua unit emplimentasi kurikulum Kemendikbud RI), unit khusus untuk memantau kurikulum 2013, Budi Kusuma Wati (Dirjen pendidikan dasar Kemendikbud) materi disampaikan tunjungan profesi, dan yang terakhir Direskrim Umum Polda Kepri, Kombes Pol Cahyono Wibowo. (*)

Editor: Roelan