Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

45 Pengurus Serikat di-PHK, FSPMI Batam Siapkan Perlawanan ke PT Flextroics
Oleh : Gokli Nainggolan
Senin | 03-03-2014 | 17:05 WIB
IMG-20140303-00541.jpg Honda-Batam
Para buruh saat memasuki lokasi perusahaan. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam mengeruduk PT Flextronics yang terletak di lokasi ABB, Kawasan Industri Batamido, Mukakuning, Senin (3/3/2014) sore. Mereka menuntut 45 buruh yang di-PHK sepihak oleh perusahaan agar dipekerjakan kembali.

Informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, ke-45 buruh yang di-PHK sepihak didominasi para pengurus serikat, termasuk di antaranya Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FSPMI, Ketua Pengurus Unit Kerja (PUK), dan beberapa anggota serikat lainnya. Pihak perusahaan beralasan PHK itu dilakukan demi efisiensi. 

Padahal, aktivitas produksi di perusahaan tersebut masih berjalan lancar. Bahkan, jam kerja overtime (OT) juga masih diberlakukan.

Suprapto, Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, menilai, alasan manajemen PT Flextronics tidak masuk akal. Selain masih berlakunya jam kerja OT, masih banyak juga buruh kontrak di perusahaan tersebut.

"Alasan PT Flextronics melakukan PHK 45 buruh tak jelas. Kami melihat telah terjadi pemberangusan serikat atau union busting," jelasnya.

Suprapto juga mengatakan, aksi mereka hari ini di PT Flextronics akan tetap berlanjut sampai 45 buruh yang di-PHK sepihak dipekerjakan kembali. Bahkan, diiakuinya, mereka sedang mempersiapkan perlawanan terhadap keputusan PT Flextronics sampai tuntas.

"Sampai kemana pun kami akan tetap berjuang sampai rekan kami yang di-PHK dipekerjakan kembali. Kami akan melawan pengusaha yang membragus serikat,"tegasnya.

Demi memperjuangkan hak-hak buruh yang tertindas, katanya, saat ini aksi mogok kerja pun dilangsung di PT Flextronics. Tak hanya aksi mogok, aksi-aksi lainnya juga akan dilakukan buruh sampai hak-hak mereka terpenuhi. (*)

Editor: Roelan