Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awal Tahun, Peredaran Uang Kartal di Kepri Menurun
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 20-02-2014 | 16:33 WIB
uang banyak.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasca hari raya Imlek, tingkat peredaran uang kartal di Kepri dan Batam khususnya mengalami penurunan. Hal itu dikarenakan turunnya tingkat penggunaan uang dalam kebutuhan oleh masyarakat.

"Pada Januari dan ditambah setelah perayaan Imlek, peredaran uang kartal cenderung menurun," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI), Gusti Raizal Eka Putra usai melakukan seminar di Kampus Universitas Batam (Uniba), Kamis (20/2/2014).

Kata Raizal, beberapa hari sebelum perayaan Imlek memang peredaran uang kartal sedikit meningkat karena kebutuhan masyarakat. Namun setelah itu kembali turun hingga sekarang.

"Sekarang mulai normal. Tapi nanti menjelang puasa sampai lebaran akan meningkat lagi. Setiap tahun pasti terjadi demikian," kata Raizal.

Meski alami penurunan saat ini lanjut Raizal, jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya peredaran uang kartal terus mengalami peningkatan.

"Apalagi jumlah penduduk di Kepri dan Batam khususnya selaku bertambah. Tentu tingakat kebutuhan akan uang juga terus meningkat. Dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan 10 hingga 20 persen," jelasnya.

Editor: Dodo