Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembentukan Bakamla Masih Digodok
Oleh : Gokli
Sabtu | 08-02-2014 | 18:00 WIB
KRI_Teuku_Umar.jpg Honda-Batam
KRI Teuku Umar yang menjadi sarana pengaman laut di Indonesia.

BATAMTODAY.COM, Batam - Perubahan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) menjadi Badan Keamanan Laut (Bakamla) masih dalam proses penggodokan oleh Pemerintah. Perubahan itu guna meningkatkan efektifitas pengamanan laut Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Djoko Suyanto mengatakan pengkajian dengan sangat matang perlu dilakukan, mengingat semua stakeholder pemangku kepentingan keamanan laut mempunyai kebijakan undang-undang masing-masing.

"Bakamla ini dalam pengkajian. Supaya satu sama lain tidak bertentangan, melainkan akan semakin meningkatkan keamanan laut," kata Djoko di Batam, dalam peluncuran KN Kuda Laut 4803 milik Bakorkamla di Dermaga Bakorkamla Jembatan II Barelang, Sabtu (8/2/2014) siang.

Pengkajian yang lebih dalam, kata Djoko juga perlu dilakukan. Sebab, semua stakeholder yang memangku kepentingan dalam keamanan laut dilibatkan. Setelah pengkajian matang, baru akan dilakukan perubahan.

"Pengkajian ini melibatkan semua stakeholder," ujarnya.

Stakeholder yang terlibat yakni ahli-ahli di bidang maritim, hukum, kelautan, hukum tata negara, dan juga pemangku kepentingan bisnis. Hal ini untuk menghindari adanya pertentangan satu sama lain.

"Kita libatkan banyak pihak, supaya kekuatan maritim kita dapat bersatu untuk pengamanan laut," jelasnya.

Editor: Dodo