Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Film 'The Act of Killing' Dijagokan Raih Oscar
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-02-2014 | 17:10 WIB
the_act_of_killing_bbc.jpg Honda-Batam
(Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM - Salah satu film dokumenter yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat peraih Oscar adalah The Act of Killing.

Film yang menceritakan tentang pembantaian komunis di Indonesia tahun 1965 ini menampilkan model bertutur yang tidak biasa.

Mantan anggota tim eksekutor dibawa ke layar dan mereka ulang pembunuhan-pembunuhan yang mereka lakukan dengan gaya dari film Amerika favorit mereka.

"Ini adalah pendekatan yang tidak nyata terhadap subyek," kata produser eksekutif Andre Singer, kepada koresponden hiburan dan seni BBC, Tim Masters.

"Kedengarannya seperti dokumenter bagus yang sering anda dengar, pembunuhan massal, Indonesia, 1960-an dan lain-lain. Anda akan berpikir, 'Saya sudah tiga juta kali mendengar hal itu.'

"Tapi ketika anda melihat materi yang ada dan anda melihat orang-orang yang melakukan pembunuhan itu, bangga dan sombong dan mereka ulangnya, hal itu sungguh mencengangkan."

Singer tahu bahwa kesuksesan film dokumenter itu menyebabkan "riak-riak politik" di Indonesia.

Salah seorang sutradara lainnya, orang Indonesia, meminta identitasnya tetap dirahasiakan karena takut.

"Ia akan tetap anonim sampai pemerintahan berubah," kata Singer.

Selain Oscar, film ini mendapat dua nominasi di ajang penghargaan film dan televisi Inggris, BAFTA untuk kategori film bukan bahasa Inggris dan kategori dokumenter.

Sumber: BBC