Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Jamin Mundurnya Gita Tak Ganggu Perekonomian
Oleh : CR-6
Minggu | 02-02-2014 | 15:21 WIB
IMG_20140201_144918.jpg Honda-Batam
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara (foto : Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengatakan, mundurnya Menteri Perdagangan (Mendag) dari jabatannya tidak akan mengganggu perekonomian Indonesia.


Meski Gita mundur, menurut Mirza, berbagai kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait perdagangan dalam negeri maupun perdagangan luar negeri tetap berjalan dengan normal, karena sistemnya telah terbangun. 

"Kan masih ada Pak Wamen dan jajaran dirjen. Kami yakin bahwa sistem, dan pekerjaan Mendag akan berjalan lancar. Lagipula, presiden akan mengumumkan mengenai penggantinya kan," ungkap Mirza yang ditemui di sela-sela pembagian bantuan kepada 12 masjid se-Kepri, Sabtu (1/2/2014).

Seperti diketahui, Gita Wirjawan menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan, setelah kasus impor beras ilegal dari Vietnam santer diberitakan media massa dalam beberapa hari terakhir, yang diduga untuk mengumpulkan pundi-pundi sebagai peserta Konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat.

Namun, Gita berkilah bahwa pengunduran dirinya sebagai Mendag itu tidak mendadak karena sudah direncanakan satu tahun lalu sejak mengikuti Konvensi Partai Demokrat, dan juga tidak terkait pemberitaan impor beras illegal dari Vietnam.

"Saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Menteri Perdagangan, dan pengunduran diri saya sudah direstui Presiden," kata Gita dalam jumpa pers di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (31/1/2014).

Menurut Gita, ia akan berhenti sebagai Mendag mulai 1 Pebruari 2014 karena memilih fokus untuk mengikuti Konvensi Capres Partai Demokrat. Gita mengatakan, konsentrasi dan perhatiannya selama ini terpecah dan tidak fokus, disatu sisi sebagai Mendag dan disisi lain menjadi peserta Konvensi Capres Partai Demokrat.

Editor : Surya