Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru Muncul di Tanjungpinang, Harga Dingkis Tembus 70 Ribu Per Kg
Oleh : Habibi
Senin | 27-01-2014 | 12:38 WIB
27012014877.jpg Honda-Batam
Edi, pedagang ikan di Pasar Ikan Pelantar KUD Tanjungpinang. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Warga Tionghoa di Tanjungpinang akhirnya bisa merayakan Imlek dengan ikan dingkis. Namun, ikan keberuntungan itu baru muncul tiga hari sebelum Imlek. Pun harganya sudah mencapai Rp70 ribu per kilogram.

Edi, pedagang ikan di Pasar Ikan Pelantar KUD Tanjungpinang, mengatakan, ikan yang ada sekarang berasal dari Pangkil, Kabupaten Bintan. Ikan tersebut sudah bertelur, namun masih telur muda.

"Masih baru, belum tua lagi telurnya dan harganya memang sudah Rp70 ribu per kilonya," kata Edi kepada BATAMTODAY.COM, di pasar ikan, Senin (27/1/2014). 

Dia mengaku, meskipun sudah muncul ikan yang bertelur, ikan dingkis masih langka di pasaran. Bahkan stoknya juga terbatas. Pasalnya seminggu sebelum Imlek biasanya ikan ini sudah banjir di pasaran, sekarang malah masih sedikit dan telurnya pun masih telur muda. 

"Sepertinya memang tahun ini agak susah ikan dingkis. Tidak ada hujan selain itu gelombang kuat. Ini saja stoknya sedikit. Mungkin kalau ada pun harganya sangat mahal nantinya," ramal Edi. 

Sementara itu untuk dingkis yang belum bertelur juga stoknya terbatas. Ikan dingkis kecil dijual Rp20 ribu per kilogramnya, sedangkan ukuran sedang atau selebar tiga jari orang dewasa dijual Rp30 - 45 ribu per kilogramnya. (*)

Editor: Roelan