Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liverpool Tumpas Pelawanan Fulham
Oleh : Dodo
Selasa | 10-05-2011 | 12:55 WIB

London, batamtoday - Liverpool menumpas perlawanan tuan rumah Fulham dan Maxi Rodriguez kembali mencetak hat-trick. Tidak hanya merampas posisi kelima klasemen Liga Primer Inggris, Liverpool tampil atraktif ketika melibas tuan rumah Fulham, 5-2, Senin (9/5) malam.

Tiga gol Liverpool disumbangkan Maxi Rodriguez, sementara dua gol sisanya dicetak Dirk Kuyt dan Luis Suarez. Berkat kemenangan besar ini Liverpool unggul dua poin dari Tottenham Hotspur untuk memantapkan perebutan tiket Liga Europa musim depan. Secara matematis, Merseyside Merah bahkan masih berpeluang lolos ke Liga Champions sambil berharap Manchester City tersandung di tiga laga tersisa mereka.

Tanpa memainkan penyerang tengah, Liverpool mampu tampil atraktif dengan pertukaran posisi para pemain yang sangat dinamis. Beberapa kali dengan mudah pemain Liverpool mendapatkan celah di lini pertahanan Fulham guna memberikan ancaman demi ancaman. Baru 33 detik pertandingan dimulai, Maxi membungkan keriuhan Craven Cottage. Suarez terlepas di sektor kiri dan umpannya coba dimentahkan barisan belakang Fulham, tapi bola liar tanpa ampun dilesakkan Maxi ke dalam jala gawang Mark Schwarzer.

Menit ketujuh, Maxi mengukir gol keduanya. Dalam proses yang hampir mirip, Glen Johnson mendapatkan keleluasaan di sayap kanan. Dengan sebuah umpan lambung ke tiang jauh, Maxi menuntaskannya tanpa dapat dicegah Schwarzer.

Schwarzer punya andil dalam gol ketiga Liverpool. Tanpa melihat gawang, Kuyt melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Arah bola sebenarnya mengarah tepat ke hadapan sang kiper, tapi kurangnya konsentrasi ditambah laju bola membuat tambahan gol tidak dapat dibendung. Pool unggul tiga gol hanya dalam 16 menit pertandingan! Selain itu, Kuyt mencetak rekor selalu menciptakan gol dalam lima pertandingan beruntun.

Fulham mengambil alih kendali pertandingan begitu Liverpool mulai mengendurkan tempo. Namun, Cottagers baru menikmati hasilnya di babak kedua. Menit 57, Moussa Dembele menghidupkan semangat rekan-rekan setimnya memanfaatkan kerja sama apik Chris Baird dan Bobby Zamora. Tendangan terukur kaki kiri Dembele ke tiang jauh tak dapat dijangkau Pepe Reina.

Fulham mulai berani meningkatkan tempo dan bermain cepat guna mengatasi ketertinggalan. Namun, Maxi muncul mengempas asa tuan rumah. Pada menit ke-70, dari jarak 30 meter, pemain internasional Argentina itu melepas tembakan keras yang menjebol jala gawang Schwarzer untuk kali keempat. Ini merupakan hat-trick kedua Maxi sekaligus gol ketujuh dalam tiga pertandingan terakhir.

Pertandingan selesai. Apalagi lima menit kemudian Suarez menerima umpan terobosan Jonjo Shelvey dan berhasil mengelabui Schwarzer untuk mencetak gol kelima.

Gol hiburan sekaligus penutup pertandingan dicetak Steve Sidwell pada menit ke-86 melalui tembakan keras dari luar kotak penalti.

Sebenarnya Liverpool dapat menambah jumlah gol mereka, tetapi mereka tidak mampu memanfaatkan peluang yang didapat, seperti saat tambahan waktu aksi Suarez yang diakhiri tendangan Kuyt masih membentur tubuh Aaron Hughes di muka gawang.

Dua sisa pertandingan Liverpool musim ini adalah menjamu Tottenham Hotspur, Minggu mendatang, serta menghadapi tuan rumah Aston Villa pekan depan.