Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tebar 'Virus' Menulis, FAM Indonesia Kunjungi SMK Teknik PAL Surabaya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 25-01-2014 | 11:24 WIB
FUN_WITH_FAM_DI_SMK_PAL.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kunjungan FAM Indonesia ke SMK Teknik PAL Surabaya.

BATAMTODAY.COM  - Tim Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Cabang Surabaya mengunjungi SMK Teknik PAL Surabaya, belum lama ini dan memberikan motivasi menulis di sekolah itu. Tampil sebagai narasumber Koordinator FAM Surabaya Yudha Prima dan Eko Prasetyo (penulis dan mantan editor sebuah koran harian di Surabaya).

Kegiatan yang diberi nama "Fun with FAM" tersebut diikuti 70-an siswa SMK Teknik PAL Surabaya, dihadiri Intan, Pembina Tim Mading SMK Teknik PAL Surabaya.
 
Sesuai namanya, acara ini berlangsung dengan sangat menyenangkan. Dibuka dengan sambutan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Eko Agus Triswanto. Usai pembacaan puisi "Akulah Surabaya" (dimuat di buku antologi "Puisi Semanggi Surabaya") karya Nella Apriesiliya, siswi SMK Teknik PAL Surabaya dan dibacakan oleh Putri, materi motivasi menulis pun dimulai.
 
Eko Prasetyo sebagai pemateri pertama memberikan motivasi kepada siswa sekolah itu untuk terus berlatih menulis. Karena, katanya, belajar menulis berarti belajar untuk berani.
 
"Tulisan adalah warisan terbaik untuk generasi penerus sekalipun penulisnya telah tiada," ujar Eko, dalam rilis yang diterima BATAMTODAY.COM, Sabtu (25/1/2014).

Eko mengutip Steve Jobs, "Stay Hungry, Stay Foolish" yang berarti tetap merasa lapar dan tetap merasa bodoh agar manusia selalu termotivasi untuk terus dan terus belajar. Dalam sesi ini, Eko yang akrab disapa Mas Eko Prast ini juga menunjukkan beberapa contoh kesalahkaprahan banyak orang dalam berbahasa.
 
Diselingi penampilan Wildan Taufiqurrahman (mahasiswa FIB Unair) yang membacakan puisi berjudul "Gravitasi Bumi" karya Khanis Selasih dan juga sebuah puisi karyanya sendiri, acara berlanjut ke sesi "Tantangan Menulis". Di sesi ini, siswa SMK Teknik PAL Surabaya diminta membuat tulisan bebas dengan tema "Save Our KBS'. Dari karya-karya mereka dipilih 3 tulisan terbaik.
 
Koordinator FAM Cabang Surabaya Yudha Prima mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu gerakan FAM Indonesia dalam mengkampanyekan gerakan membaca buku dan menulis di kalangan pelajar.
 
"Kami ingin menumbuhkan kesenangan membaca buku dan menulis di kalangan pelajar," katanya.
 
Pada kesempatan tersebut, FAM Cabang Surabaya menyatakan siap membimbing Tim Mading SMK Teknik PAL Surabaya untuk menerbitkan buletin/majalah sekolah.
 
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Eko Agus Triswanto berharap, ke depan ada lanjutan bimbingan menulis dari FAM Indonesia untuk siswa-siswa di sekolah tersebut.

Editor: Dodo