Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, Belum Ada PMA yang Hengkang dari Batam
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 24-01-2014 | 19:30 WIB
images_(4).jpg Honda-Batam
Kawasan industri di Pulau Batam.

BATAMTODAY.COM, Batamtoday - Badan Pengusahaan (BP) Batam menyatakan, tahun ini (2014) belum ada investor asing atau penanaman modal asing (PMA) yang hengkang dari Batam. 

"Kami belum mendapatkan informasi adanya perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang hengkang dari Batam," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (24/1/2014).

Menurut Ilham, setelah mendapat informasi ada enam perusahaan PMA yang dikabarkan hengkang dari Batam, pihaknya langsung melakukan kroscek. Informasi yang diperolah dari pihak Direktorat Investasi, untuk tahun 2014 ini belum ada yang mengajukan pencabutan izin usaha alias hengkang dari Batam.

"Yang saya dapat info dari Direktorat Investasi, pada awal tahun ini belum ada yang mengajukan pencabutan izin usahanya," kata Ilham.

Seperti diketahui, Ketua Apindo Kepri, Cahya, mengatakan ada enam perusahaan PMA yang hengkang dari Batam dalam waktu dekat. Hal tersebut terjadi karena tingginya upah minimun kota (UMK) sehingga perusahaan tak mampu membayarkan.

Selain itu perusahaan menilai bahwa faktor keamanan juga sebagai alasannya. Akibat aksi demo para buruh membuat pengusaha enggan berinvestasi di Batam. (*)

Editor: Roelan